Tips Menyimpan Kopi Agar Tetap Segar

JogjaUpdate.com (21/8/17), Kopi memang paling nikmat jika masih dalam kondisi segar, sehingga bisa keluar rasa dan aroma terbaiknya. Untuk itu diperlukan cara menyimpan kopi yang benar untuk menjaga kesegarannya. Dan tidak bisa sembarangan untuk menyimpannya, apalagi sampai berbulan-bulan.

Banyak orang menyimpan, atau bahkan menimbun kopi untuk stok persediaan berbulan-bulan. Padahal perlu diketahui, baik bubuk maupun biji kopi dapat menjadi basi dan merubah rasanya. Namun tenang, berikut ini ada beberapa tips agar kopi tersimpan dengan baik dan terjaga kesegarannya menurut majalah.ottencoffee.co.id.

1. Simpan Dalam Bentuk Biji

Jika ingin menyetok kopi dalam waktu yang cukup lama, lebih baik beli dalam bentuk biji. Karena kopi dalam bentuk biji dapat bertahan lebih lama dibandingkan kopi bubuk. Ketika ingin menikmati, barulah biji kopi digiling. Kopi paling baik dinikmati sesaat setelah bijinya digiling, bukan bubuk yang sudah disimpan berhari-hari.

Hal ini karena kopi sangatlah mudah untuk teroksidari, sehingga kesegarannya akan menurut sesaat setelah bijinya digiling. Jika gemar mengonsumsi kopi setiap hari, sebaiknya sediakan alat penggiling atau grinder di rumah. Tidak perlu yang mahal, karena sudah tersedia yang harganya cukup terjangkau.

2. Simpan Kopi Dalam Wadah Kedap Udara

Pembungkus kopi semacam paper bag saat kita membelinya memang menjadi tempat terbaik untuk menyimpannya. Namun ketika kita telah membukanya dan mengambil sejumlah kopi, sebaiknya ganti dengan wadah lainnya. Papper bag yang sudah terbuka tidak mampu lagi menyimpan kopi secara maksimal.

Disarankan untuk menyimpan kopi dalam kontainer atau toples yang kedap udara. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir proses oksidasi pada kopi setelah terbuka dari kemasannya. Sehingga kopi dapat terjaga kesegarannya dan pastinya tetap bisa mengeluarkan aroma dan rasa terbaiknya.

3. Simpan Kopi Di Tempat Sejuk Dan Gelap

Ketika telah disangrai, kopi tidak lagi memerlukan cahaya matahari. Untuk menjaga kesegarannya, simpan kopi di tempat yang sejuk dan hindarkan dari sinar matahai atau sebaiknya tempat gelap. Walau tempatnyanya sejuk, tapi menyimpan kopi di dalam kulkas tidaklah disarankan.

4.  Batas Waktu Penyimpanan

Walaupun lebih tahan lama dibanding bubuk, biji kopi juga tetap memiliki batas waktu penympanan. Biji kopi yang sudah disangrai tidak boleh terlalu lama disimpan, karena bisa memberikan efek perubahan rasa. Tidak ada salahnya membeli kopi dalam jumlah kecil dan berulang-ulang, daripada membeli jumlah banyak lalu menumpuk dan jadi basi.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like