Kenapa Makanan Pedas Bisa Bikin Ingusan? Jebul Ini Penyebabnya

JogjaUpdate.com (22/04/2019), Ketika makan makanan yang terasa pedas tidak hanya membuat mulut terasa terbakar, namun membuat berkeringat hingga ingusan. Kenapa makanan pedas membuat kita ingusan?

Jika dipikir-pikir, makanan tersebut dari mulut kita langsung menuju saluran pencernaan. Tidak ada ceritanya makanan itu lewat saluran hidung kita.

Baca Juga : Ketika Asam Lambung Kumat, Hindari 5 Makanan Ini

Namun kenapa makanan pedas ini bisa membuat hidung kita berair hingga ingusan? Tenang aja, hal ini bisa dijelaskan secara medis kok.

Dikutip dari Times.com, spesialis THT dari Universitas of Kentucky Collage of Medicine, Dr. Brett Corner menjelaskan bagaimana ini bisa terjadi.

Menurut Dr. Brett Corner, ketika merasakan pedas, tubuh kita akan mengaktifkan kerja air dalam tubuh untuk menghilangkan rasa pedas tersebut.

Sambal Bawang
Sambal Bawang

“Ketika mulut dan tenggorokan mendapatkan sinyal adanya objek luar yang dianggap berbahaya, cairan dalam tubuh berupaya membuat objek tersebut keluar dari tubuh,” ungkapnya.

Tubuh kita merespon rasa pedas tersebut dengan mengeluarkan sejumlah cairan dan lendir. Bahkan ada yang sampai mengalami diare dan sakit perut.

Hal ini sebagai bagian dari pelepasan lendir dari saluran pencernaan ketika tubuh merespon makanan pedas yang dikonsumsi tersebut.

Termasuk dengan keluarnya air liur yang lebih banyak, hingga ingus di hidung kita sebagai respon kepedesan yang dialami tubuh.

Baca Juga : Bukan Cuma Enak, Jebul Ada Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Itulah penyebab kenapa hidung kita ikut ingusan ketika makan makanan pedas tersebut. Semoga bermanfaat!

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like