Ini Jajanan Khas Kotagede Yang Harus Kamu Coba

JojgaUpdate.com (24/04/18), Kotagede adalah salah satu tujuan wisata, dari wisata sejarah dan religi hingga bagi mereka yang ingin berbelanja oleh-oleh. Bagi pemburu kuliner, ada banyak jajanan khas Kotagede yang harus kamu coba atau sebagai oleh-oleh.

Baca: 7 Rekomendasi Kuliner Pinggir Ring Road Jogja

Apa saja jajanan khas Kotagede? berikut ini diantaranya:

1. Kipo

Salah satu jajanan dari Kotagede yang sudah terkenal adalah Kipo. Terbuat dari adonan tepung ketan yang berbentuk pipih dan berisi enten-enten (parutan kelapa masak dengan gula jawa). Ciri khas Kipo adalah warnanya yang hijau berasal dari daun suji.

Kipo berukuran kecil dan berwarna hijau di luar, namun cokelat di dalam. Rasanya cenderung manis legit dan beraromakan daun pandan. Cara pembuatannya sangat tradisional, adonan Kipo dipanggang beralaskan daun pisang untuk menghindari lengket.

2. Yangko

Satu lagi jajanan khas Kotagede adalah Yangko, kue manis yang mirip dengan moci. Yangko terbuat dari adonan tepung ketan dibalut tepung gula. Berbentuk kotak dengan tekstur yang kenyal. Perpaduan rasa gurih dan manis menjadi ciri khas dari Yangko.

Kini Yangko telah banyak yang dimodifikasi dengan variasi beragam rasa, dari durian hingga cokelat. Untuk mendapatkan Yangko, salah yang terkenal adalah Toko Roti dan Yangko Ngudi Roso berada di Selatan Pasar Legi Kotagede arah Masjid Gedhe Mataram Kotagede.

Baca: Apa Bedanya Gudeg Basah Dan Gudeg Kering

3. Ukel dan Banjar

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau Ukel dan Banjar adalah oleh-oleh khas Kotagede selain Kipo dan Yangko. Ukel dan Banjar adalah kue renyah terbuat dari tepung terigu dan telur. Yang membedakan keduanya adalah Ukel dilumuri gula, sedangkan banjar polosan saja.

4. Legomoro

Jajanan tradisional ini adalah harta karun di Kotagede, selain berbentuk unik juga memiliki filosofi dalam. Terbuat dari ketan berisikan cacahan daging ayam yang dibungkus daun pisang lalu diikat tali bambu. Sekilas memang mirip dengan lemper, hanya berbeda pengemasannya.

Legomoro dalam Bahasa Jawa berarti “Atine lego le moro yo lego” atau datang membawa keridhoan dan yang didatangi juga mendapat keridhoan. Biasanya seikat Legomoro berisi empat biji dibawa oleh pihak laki-laki dalam acara pernikahan.

Pasar Legi Kotagede surga jajanan pasar

Buat pemburu jajanan pasar dan makanan tradisional, Pasar Legi Kotagede bisa jadi surganya. Beragan jajanan pasar dari Kue Kembang Waru, Geplak, Getuk, Grontol, Nasi Jagung, Jenang Sumsum, hingga Wajik ada di sini. Semua banyak dijajakan di halaman depan pasar hingga bagian dalam dan sisi Barat pasar.

Baca: Perbedaan Tahu Kupat, Kupat Tahu, Dan Tahu Guling

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like