Cara Membersihkan Aspal Yang Menempel Di Bodi Mobil

JogjaUpdate.com (16/6/17), Pemilik mobil pasti ingin mobilnya salalu tampil bersih dan kinclong. Mobilnya kotor sedikit dilap atau bahkan rajin untuk dicuci. Namun tidak semua kotoran yang menempel di bodi mobil mudah untuk dihilangkan, aspal misalnya. Membersihkan aspal yang menempel di bodi mobil memang memerlukan cara khusus.

Tidak seperti debu atau lumpur yang bakal hilang dengan mencuci mobil, aspal yang menempel di bodi mobil agak susah. Seperti yang diberitakan Otomania.com, Mini dari Detailer Garage MGK Kemayoran mengungkapkan untuk aspal membutuhkan cara yang tepat untuk menanganinya.

Aspal basah memang sering nyiprat lalu menempel di bodi mobil dan ketika mengeras akan susah dihilangkan. “Untuk debu mungkin bisa hilang dengan cukup dicuci. Namun aspal ini sedikit berbeda dan membutuhkan cara tepat untuk menanganinya. Aspal lama kelamaan akan mengeras dan susah lepas dari permukaan cat,” ucap Mini.

Biasanya aspal ini akan ada di bagian seperti bumper, belakang roda hingga bagian belakang mobil. Bila dibersihkan dengan air sabun, biasanya tetap akan membuat cat tergores. Apalagi dilakukan dengan cara menggosok bagian yang kotor karena terkena aspal. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Dijelaskan cara membersihkan aspal yang menempel dengan menggunakan clay atau bahan pembersih seperti tanah liat. Cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah, dan bahan pembersih seperti ini sudah tersedia di berbagai toko perawatan mobil. Penggunaannya pun cukup mudah.

Caranya dengan cukup menyiramkan air sabut ke bagian mobil yang ketempelan aspal, lalu tempelkan clay ke bagian tersebut. Setelah Clay sudah menempel, lalu gosok secara perlahan hingga aspal terlepas dari bagian cat mobil. Cara ini harus dilakukan dengan sabar untuk menghidari lecet.

Mini juga menjelaskan tidak boleh terburu-buru dalam membersihkan mobil. Kalau tidak sabar asal cuci terus poles, padahal aspal belum hilang akan beresiko lecet. Hal ini juga bisa berpengaruh pada warna cat mobil yang bisa menjadi kusam. Karena itulah kesabaran dibutuhkan untuk membersihkan bodi mobil dari aspal yang menempel.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like