Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Mudik

JogjaUpdate.com (19/10/18), Mudik lebaran sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Para pemudik pulang ke kampung halaman menggunakan beragam moda transportasi. Diantaranya ada juga menggunakan mobil untuk mudik.

Baca: Tips Mudik Bersama Anak Yang Nyaman Dan Aman

Jika menggunakan mobil untuk mudik, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat. Berikut ini beberapa tips mempersiapkan mobil yang akan digunakan untuk mudik:

1. Jauh-jauh hari

Mempersiapkan mobil yang akan digunakan untuk mudik, sebaiknya dari jauh-jauh hari. Jika terlalu mepet dengan hari keberangkatan, takutnya bengkel sudah penuh. Atau bisa jadi bengkel-bengkel sudah tutup karena mekaniknya mudik juga.

2. Service Mesin

Dalam perjalanan mudik, mesin harus bisa diandalkan dan jauh dari masalah. Karena itu, mesin harus dilakukan service terlebih dahulu. Bukan hanya ganti oli dan membersihkan saringan udara, mesin harus dilakukan pengecekan lainnya. Termasuk air radiator dan aki, pastikan sehat dan bekerja dengan baik.

3. Rem

Mobil memang harus bisa berjalan dengan baik, namun juga harus bisa berhenti. Ceklah kondisi kampas rem dan minyak remnya, juga dengarkan apakah mengeluarkan suara-suara aneh jika di rem. Kalau perlu ganti kampas segera ganti, begitu juga minyak rem apa perlu diganti atau cukup ditambah saja.

Baca: Selain Kampas Habis, Ini Beberapa Penyebab Rem Mobil Blong

4. Kaki-kaki dan ban

Dalam perjalanan jauh, kondisi kaki-kaki memengaruhi kenyamanan dan pengendalian mobil. Dengarkan apakah mulai mengeluarkan suara-suara aneh ketika berjalan. Ban juga harus dilihat, dari alur ban dan ketebalannya masih memadai. Ketika berangkat juga harus memperhatikan tekanan ban, termasuk ban cadangan.

5. Elektronik dan lampu

Dimulai dari aki apakah sudah tekor atau belum, dan pastikan bekerja dengan baik. Lalu cek lampu utama, sein, lampu rem, lampu mundur, DRL maupun foglamp menyala dengan baik. Cek juga perangkat entertaimen dalam mobil, pastikan bekerja baik untuk hiburan selama perjalanan.

6. Eksterior dan interior

Bersihkan interior mobil dari kotoran dan debu agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman dalam perjalanan. Termasuk AC, pastikan bekerja dengan baik menjaga suhu dalam mobil. Begitu juga dengan eksterior, terutama kaca depan yang penting bagi pengendara.

7. Perkakas dan Kotak P3K

Dianjurkan untuk membawa kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang berguna saat-saat tidak terduga dalam perjalanan. Begitu juga perkakas seperti obeng dan kunci-kunci untuk memperbaiki mobil jika terjadi kerusakan nantinya.

Baca: Pentingnya Merawat Aki Kendaraan, Termasuk Di Musim Hujan

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like