Ini Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tidak Cepat Menguning

JogjaUpdate.com (13/03/18), Jika dahulu banyak yang memilih mobil berwarna hitam atau silver, kini warna putih mulai banyak diminati. Coba lihat saja di jalan-jalan, semakin banyak mobil warna putih yang bertebaran. Belum lagi hampir semua produsen mobil mengeluarkan varian berwarna putih.

Baca: Kenapa Makin Banyak Orang Beli Mobil Warna Putih?

Namun mobil warna putih ini memiliki kelemahan tersendiri. Warna cat eksterior putih mudah untuk memudar jika tidak dirawat dengan baik. Tidak hanya itu, warna putih juga bisa cepat berubah menjadi menguning. Kalau sudah begitu tidak lagi sedap dipandang, dan nilai jual kembalinya pun terus menurun.

Warna putih dianggap sebagai warna netral namun sangat sensitif pada noda. Sedikit noda saja akan terlihat dengan jelas. Begitu juga jika memudar dan menguning, akan mudah terlihat. Perawatannya pun juga tidak mudah, harus diperhatikan baik-baik.

Berdasarkan yang dimuat Otodriver.com (16/03/18), penyebab menguningnya warna mobil putih ini biasanya karena kebiasaan mencuci yang tidak tepat. Bisa karena mencuci di bawah terik matahari langsung. Juga bisa karena mencuci saat kondisi mobil masih panas.

Baca: 5 Kesalahan Yang Terjadi Saat Mencuci Mobil

Menurut Fikri Fitramadhan dari  bengkel detailing di Bintaro, Tangerang Selatan, cat eksterior warna putih sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Sehingga mobil dengan cat warna putih membutuhkan perhatian ekstra agar lapisan clear coat atau pernis tidak mudah teroksidasi dan berjamur.

Dijelaskan Fikri, mencuci mobil saat kondisi bodi masih panas membuat sisa air di permukaan bodi akan lebih cepat mengering. Air yang cepat mengiring ini akan menimbulkan water spot pada bodi mobil yang merusak estetika tampilannya. Lalu bagaimana menghilangkan noda kekuningan di mobil warna putih?

“Sebaiknya dilakukan poles di gerai detailing. Jika ingin lakukan sendiri di rumah, gunakan pasta yang tidak terlalu kuat, agar lapisan pernis tidak tergerus terlalu dalam,” ungkap Fikri.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like