Cara Mengolah Petai Agar Tidak Bau

JogjaUpdate.com (11/10/17), Banyak yang menggemari petai, namun banyak juga yang membencinya. Terutama karena bau petai yang menyengat dan membuat tidak nyaman, sehingga banyak orang menghindarinya. Namun jika tahu cara mengolah petai dengan baik, bau tidak sedap ini bisa disingkirkan lho.

Banyak orang yang menyukai petai ini karena rasa dan teksurnya yang menarik. Belum lagi petai dapat diolah dalam berbagai macam masakan, bahkan bisa dijadikan lalapan segar. Untuk yang tidak bisa mentolerin baunya, berikut ini ada cara mengolah petai agar baunya tidak begitu tajam:

1. Bakar sebelum dimasak

Agar bau petai berkurang dan rasanya semakin nikmat, bisa dibakar dahulu sebelum dimasak. Dengan dibakar bersama kulitnya akan membuat petai terasa lebih gurih dan enak, namun baunya akan sangat berkurang. Petai bakar ini bisa menjadi campuran sambel goreng kentang, sambal teri, sambal petai, atau campuran lodeh tempe.

2. Rebus bersama kulitnya

Dengan direbus secara utuh bersama dengan kulitnya, dapat mengurangi bau petai yang menyengat. Rebus sampai empuk dan matang, lalu tiriskan dan bisa digunakan campuran masakan. Dengan merebus ini akan membuat tekstur petai menjadi lebih lembut dan tetap terasa gurih, namun baunya cukup banyak terminimalisir.

3, Rendam dalam air garam

Rendam biji petai yang sudah dikupas pada air garam selama 20 sampai 30 menit lalu tiriskan sebentar. Setelah itu petai langsung digunakan dalam camburan masakan. Cara ini akan membantu mengurangi bau petai, sekaligus membuat rasa petai jadi lebih guruh dan nendang.

4. Goreng

Cara paling mudah untuk meminimalisir bau petai adalah dengan digoreng. Sebelum digunakan dalam masakan, goreng dahulu petai hingga matang dengan api kecil. Cara ini akan membuat petai makin mengeluarkan rasa gurihnya, namun akan meminimalisir bau tajam yang menggangu.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like