#SotoWar, 10 Soto Di Jogja Yang Paling Hits

JogjaUpdate.com (31/01/17), Kuliner di Jogja bukan semata-mata Gudeg saja, namun beragam tersedia. Soto salah satunya, menu makanan yang tersedia dimana-mana. Soto di Jogja bukan hanya untuk sarapan pagi, namun juga untuk makan siang. Berikut ini beragam soto di Jogja yang tengah ngehits saat ini:

1. Soto Kadipiro

Kalo yang satu ini sudah tersohor ke berbagai penjuru, warung soto ikonik dan melegendaris di Jogja. Warung Soto Kadipiro ini telah berdiri sejak tahun 1921. Soto Kadipiro ini menjadi rolemodel soto ayam kuah bening dengan rasa gurihnya. Lauk pelengkap Soto ini adalah ayam goreng, perkedel kentang, tahu dan tempe bacem, serta berbagai jenis rempeyek dan krupuk.

Lokasi warung soto ini gampang untuk dicarinya, karena berada di tengah Kota. Warung ini berada di Jalan Wates Km. 2, atau dari perempatan Wirobrajan ke Barat. Selain itu cabang Soto Kadipiro ini banyak bertebaran di berbagai penjuru Jogja.

Happy #lunch frlends ❤️❤️❤️ my Fav #sotokadipiro #jogjakarta ???

A post shared by irwanriady (@irwanriady) on

 

2. Soto Sampah

Dengan namanya yang unik, Soto Sampah ini sempat ngetren di kalangan warga Jogja. Ternyata penamaan aneh ini karena tidak menggunakan daging sapi atau daging ayam seperti soto pada umumnya. Soto Sampah ini menggunakan lemak atau gajih sapi, lalu dicampur jadi satu sehingga tampilannya pun menjadi acak-acakan.

Warung soto ini berlokasi tidak jauh dari Tugu, atau tepatnya di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Soto Sampah ini juga terbuka 24 jam nonstop, jadi bisa buat sarapan, makan siang atau makan malam.

 

3. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung khas Madura ini juga menjadi primadona di ranah per-sotoan Jogja. Warung Soto Sulung Stasiun Tugu ini telah buka sejak tahun 1968, dan telah berkembang dengan berbagai cabang di Jogja. Paduan jeroan sapi seperti babat dan bumbu yang kuat membuat kuliner soto yang satu ini digemari para pencinta soto di Jogja.

Keunikan lain soto ini adalah penyajian nasinya yang tidak langsung dipiring. Nasinya dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang dan kertas koran. Jadi kita tidak akan malu nambah nasi banyak-banyak, tinggal ambil saja didepan.

Dulu soto ini berlokasi di kios area parkir selatan Stasiun Tugu, namun kini pindah ke Jalan Timoho atau di sebelah Selatan UIN Sunan Kalijaga. Lebih tepatnya kini beralamatkan Jalan Timoho, Demangan, Gondokusuman, Caturtunggal, Kec. Depok, Kota Yogyakarta.

 

4. Soto Pak Marto Taman Sari

Soto yang satu ini juga banyak diburu oleh para pencinta Soto di Jogja. Warung soto ini didirikan oleh Pak Martodimedjo pada tahun 1960. Yang khas dari Soto Pak Marto ini adalah babat sapi yang dibumbu manis mirip bumbu bacem.

Lokasi warung Soto Pak Marto ini ada di 200 meter sebalah Barat lampu merah Plengkung Taman Sari. Atau beralamat lengkap di Jl. Mayor Jenderal S. Parman, No. 44, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta

Sarapan pagi dengan yang legendaris : Soto Pak Marto! ?? . TAG TEMEN KALIAN ? #ceritamakan

A post shared by DENDRON GAMAROSI | JOGJAKARTA (@ceritamakan) on

 

5. Soto Pak Slamet

Soto ini sering disebut soto mewah atau mepet sawah, karena lokasinya yang berada di area persawahan. Soto Pak Slamet ini menyajikan soto daging ayam kampung dengan kuah bening yang segar. Selain soto ada juga sate yang terkenal dengan keempukan daging yang manis rasanya. Ada pula sate telur puyuh yang tidak terlalu manis namun gurih.

Di Soto Pak Slamet ini tersedia bermacam hiburan, seperti live music Keroncong. Ada juga hiburan yang tidak ada di soto-soto yang lain, yaitu menonton kereta lewat. Karena warung soto ini berada di sebelar rel kereta api.

Untuk lokasi warung soto ini emang agak terpencil, susah ancer-ancernya. Alamat lengkapnya sih ada di Jalan Bibis, RT.01 / RW.09, Mejing Kidul, Ambarketawang, Gamping. Untuk menuju lokasi kamu bisa lihat kordinatnya di sini.

 

6. Soto Moneter

Satu lagi soto yang memiliki nama unik, Soto Moneter. Dari namanya yang terkait dengan krisis moneter, soto ini memberikan sajian soto yang sederhana namun unik. Soto yang disajikan adalah soto sapi dengan kuah bening, uniknya disajikan dengan daun kemangi dan Lenthok. Apa itu Lenthok? Lenthok adalah sejenis perkedel tapi dari bahan dasar singkong.

Lokasi menuju Soto Moneter ini cukup mudah, dan tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Warung Soto Moneter ini ada di pinggir Ringroad Timur, Barat Jalan sekitar 120 meter utara lampu merah Ringroad Kotagede/Ngipik.

 

7. Soto Betawi Bang H. Pitung

Soto di Jogja memang didominasi soto kuah bening, soto Lamongan, Madura dan Kudus. Namun ada Soto gaya Betawi yang layak kamu coba, yaitu Soto Betawi Bang H. Pitung. Selain mengandalkan nikmatnya kuah bersantan kental dan berwarna kuning soto ini juga mempunyai keunikan di penyajian. Soto ini disajikan menggunakan tungku alumunium kecil yang menghangatkan soto pesanan kita.

Lokasinya ada di tengah Kota sehingga gampang untuk dicari. Warung soto ini ada di sebelah barat Hotel Jambukluwuk atau di sebelah barat rumah sakit bethesda lempuyangwangi. Lebih lengkap alamatnya ada di Jalan Juminahan No. 12, Purwokinanti, Kota Yogyakarta.

Skali2lah upload foto makanan….??

A post shared by Donny Riedharsyah (@donnydoze) on

 

8. Saoto Bathok Mbah Katro

Seperti namanya, keunikan sarapan ini adalah penyajiannya yang menggunakan mangkok bathok kelapa. Bukan hanya keunikan penyajiannya, namun Saoto Bathok Mbah Karto juga siap menggoyang lidah kamu. Racikan kecambah, seledri, dan potongan daging sapi merupakan paduan cantik ditambah dengan kuah berbumbu gurih dan manis.

Kalau penasaran langsung saja meluncur ke Saoto Bathok Mbah Karto. Letaknya di Jalan Sambisari, tidak jauh dari Candi Sambisari. Alamat lengkapnya ada di Jalan Candi Sambisari, RT.03, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.

 

9. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Kalau soto yang satu ini laris manis untuk sarapan para karyawan di seputaran Jalan Jendral Sudirman. Warung ini menyajikan soto ayam kampung dengan kuah gurih yang nikmat. Tiap pagi warung soto ini selalu penuh sesak para pelanggannya, bahkan banyak yang rela duduk berjajar di trotoar jalan.

Lokasi warung soto ini ada di pinggir Jalan Jendral Sudirman, sebuah warung kecil nyempil di seberang jalan Bank CIMB Niaga. Biasanya warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe ini buka setiap pukul 06.00 hingga pukul 14.00 saja.

Soto Pak Dalbe! Jangan lupa sarapan pagi gaes ?? . [ ?@haryosetyadi ]

A post shared by DENDRON GAMAROSI | JOGJAKARTA (@ceritamakan) on

 

10. Soto Pak Sholeh Al-Barokah

Soto yang satu ini cukup ternama bukan hanya di Jogja, namun tersohor ke seantero nusantara. Soto daging sapi ini mempunyai cita rasa khas yang lebih gurih. Di dalamnya ada bihun, kecambah, kol, wortel, daun bawang, irisan daging sapi, dan bawang goreng yang menambah rasa gurih.

Lokasi Soto Pak Sholeh Al-Barokah ini ada di tengah kota, tepatnya di daerah Tegalrejo. Tepatnya beralamatkan di Jl. Wiratama No.84, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Pokoknya tidak jauh dari office JogjaUpdate, jadi kalo mau nraktir boleh lho.

Sarapan ?? . #sotopaksolehalbarokah #tegalrejo #breakfast #sotodaging #jogja

A post shared by ? Meuthia Rakhma Sari ? (@meuthya) on

 

Part 2

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like