Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Jeruk Limau, Jeruk Purut dan Jeruk Nipis

JogjaUpdate.com (09/10/18), Buah jeruk bukan cuma disantap sebagai pencuci mulut setelah makan. Ada pula jeruk limau, jeruk purut dan jeruk nipis yang punya cara lain dalam penggunaannya.

Sayangnya, banyak tidak bisa membedakan ketiga jeruk ini. Kalaupun bisa kadang tidak tahu kegunaan dari masing-masing jeruk ini.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertipu, Ini Tips Memilih Mangga Matang Dan Manis

Meski sama-sama memiliki aroma kuat dan berasa asam, ketiga jeruk ini berbeda. Tujuan penggunaannya pun juga berbeda lho.

Lalu bagaimana cara membedakan jeruk limau, jeruk purut dan jeruk nipis ini? Simak berikut ini ya!

Jeruk Limau

Jeruk Limau
Jeruk Limau

Jeruk ini mempunyai penampilan berwarna hijau gelap dengan ukuran kecil. Tekstur kulitnyanya sedikit kasar, tapi tidak sekasar jeruk purut.

Jika diperas, air jeruk limai cuma sedikit dan bulirnya bening. Jeruk limau biasanya digunakan untuk campuran sambal atau masakan dengan cita rasa kuat.

Jeruk Purut

Jeruk Purut
Jeruk Purut

Dari penampilan, jeruk ini paling berbeda karena tekstur kulitnya yang kasar. Berwarna hujau gelap agak mirip jeruk limau namun berukuran lebih besar.

Airnya cukup banyak dan berbulir agak bening. Karena aromanya kuat, jeruk ini sering jadi pendamping makanan amis. Juga membuat masakan seperti soto terasa lebih segar.

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk Nipis ini berkulit lebih halus dan warnanya hijau terang. Jika diperas bakal menghasilkan banyak air jeruk dengan bulir hijau kekuningan.

Jeruk nipis juga sering jadi pendamping masakan dengan aroma amis. Selain itu, jeruk nipis juga bisa dijadikan minuman segar.

Baca Juga: Jangan Panik Ketika Tersedak Duri Ikan, Ini Cara Mengatasinya

Itulah tadi perbedaan jeruk limau, jeruk purut dan jeruk nipis. Semoga bisa membedakannya ya! Jangan sampai salah!

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer