Merasa Pemberani? Ini 6 Tempat Angker di Jogja

JogjaUpdate.com (01/02/17), Percaya atau tidak, sebagai kota wisata Jogja ternyata juga memiliki banyak loasi mistis yang angker. Tidak heran kalau beberapa orang melakukan wisata mistis di Jogja, karena memang banyak kisah mistis di sini. Berikit ini ada 6 tempat angker di Jogja yang perlu kamu perhatikan:

1. Rumah Kentang Kota Baru

Cerita mengenai keangkeran Rumah Kentang Kota Baru ini telah lama berhembus, dan sudah terkenal di Jogja. Rumah angker ini berada di seberang SMA Stella Duce I, kawasan Kotabaru. Namun kini Rumah Kentang ini digunakan sebagai kantor Bank BTN.

Cerita horor tempat ini berawal dari rumah kosong yang ditinggal pemiliknya. Ketika malam tiba, warga sekitar sering mencium bau kentang dari sekitar rumah ini. Banyak yang mempercayai bau kentang ini sebagai pertanda keberadaan Genderuwo.

rumah kentang
foto: ibudewalintang

 

2. Ambarukmo Plaza

Banyak yang tidak tahu kalau mall mewah yang satu ini memiliki kisah angker. Mall Ambarukmo Plaza ini dibagung diatas tanah Keraton, yang dulunya menjadi bagian dari Pesanggrahan Ambarukmo peninggalan Sultan Hamengkubuwono VII. Dulunya di tempat ini terdapat kebun buah, kandang kuda, dan kolam suci.

Sampai saat ini Pesanggrahan Ambarukmo masih tetap ada, lokasinya berada diantara Ambarukmo Plaza dan Hotel Ambarukmo. Kemistisan kompleks Ambarukmo ini memang tidak akan lepas dari tempat ini.

Beragam cerita aneh yang dialami oleh beberapa pekerja selama pembangunan Ambarukmo Plaza. Kini beberapa kisah horor ini berlanjut dialami oleh beberpa cleaning service.

I Feel it coming

A post shared by Main: @azfa.j (@azfaa.j) on

 

3. Bioskop XXI

Kisah mistis dari bioskop yang satu ini memang telah lama beredar di Jogja. Dulunya gedung Bioskop XXI di Jalan Solo ini adalah gedung dua lantai, Swalayan Hero di lantai 1 dan Bioskop Empire 21 dilantai 2. Gedung ini mengalami kebakaran di tahun 1999 dan tidak menimbulkan korban jiwa. Namun beberapa bulan kemudian gedung bioskop Regent disebelahnya kebakaran yang memakan korban 15 orang.

Dan kemudian baru dibangunlah Bioskop XXI ini dilokasi tersebut. Baru setelah itu mulailah bermunculan beragam kisah mistis di lokasi ini. Mulai dari terciumnya bau daging gosong dan bau busuk di tengah-tengah film. Ada pula kisah 4 penonton midnight yang merasa studio tempat mereka menonton penuh sesak, padahal cuma ada mereka berempat disana.

Horor! Dipikir aku takut apa? Emang iya ??

A post shared by fa_ (@farifaa) on

 

4. Bundaran Teknik di UGM

Sebagai salah satu kawasan dengan banyak gedung tua, Universitas Gadjah Mada (UGM) punya banyak cerita mistis. Salah satunya yang terkenal akan kisah mistisnya adalah Bundaran Teknik UGM.

Di Bundaran Teknik UGM ini ada pantangan atau larangan menyanyikan lagu Gugur Bunya saat malam hari. Kono ceritanya, kalau menyanyikan lagu tersebut ditempat ini kamu bakal ditemani bernyanyi sama arwah para pejuang.

Bundaran Teknik UGM

 

5. Jembatan Perikanan di UGM

Lagi-lagi lokasi angker di UGM, selain Bundaran Teknik ada pula Jembatan Prikanan UGM. Jembatan ini terletak di utara lembah UGM yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan dengan Fakultas Pertanian.

Ceritanya, ketika malah hari sering ada penampakan sosok perempuan bernama Rohana di jembatan ini. Beberapa orang menceritakan kalau sosok Mbak Rohana ini muncul di jembatan pada malam hari dan tiba-tiba meloncat dari atas jembatan.

Jembatan Perikanan UGM

 

6. Kandang Menjangan / Panggung Krapyak

Kisah mistis untuk sebuah bangunan yang berumur lebih dari 2 abad kayaknya sudah tidak asing lagi. Bangunan ini bernama Kandang Menjangan atau Panggung Krapyak berlokasi di selatan Plengkung Gading. Dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat berlindung oleh kerabat Keraton yang tengah berburu di Hutan Krapyak.

Pada tahun 1613, ada salah satu kerabat keraton yang meninggal diserunduk oleh kijang (menjangan) ditempat ini. Kemudian untuk memperingati kepergiaannya maka dibangunlah sebuah benteng yang berfungsi untuk berlindung dari hewan buruan yang bernama kandang Menjangan.

Bangunan ini tertupun untuk umum, jika ingin masuk harus menghubingi juru kuncinya terlebih dahulu. Ada sebuah kisah, seorang mahasiswa malam-malam melintas di dekat Kandang Menjangan ini. Tidak sengaja sorot lampu sepeda motornya menyorot kearah dalam bangunan ini dan terlihat sosok wanita berbaju putih yang sedang berdiri terbalik dengan rambutnya yang terurai ke bawah.

 

Tempat Spesial

Pantai Parangkusumo, pantai ini disebut sebagai gerbang mistis untuk masuk ke Kerajaan Ratu Panti Selatan. Warga sekitar tidak menyarankan para pengunjung menggunakan baju bewarna hijau. Warna tersebut dipercaya sebagai warna kesukaan sang Ratu dan orang yang memakainya bisa diseret ombak untuk dibawa ke kerajaan pantai selatan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like