#SotoWar, 7 Soto Di Jogja Yang Lagi Hits (Part 2)

JogjaUpdate.com (7/3/17), Soto juga termasuk kuliner yang populer di Jogja, bukan hanya untuk sarapan pagi namun juga untuk makan siang. Setelah sebelumnya kami membuat daftar 10 soto di Jogja yang paling hits, kini kami melanjutkan bagian keduanya. Dan berikut ini ada 7 warung soto di Jogja yang lagi hits dan harus dicoba:

1. Soto Ayam Pak Man Sagan

Sebenarnya soto yang satu ini berasal dari Semarang, namun dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Jogja. Soto Ayam Pak Man Sagan ini mempunyai kuah yang bening, namun jangan dianggap remeh. Kuah soto ini memiliki rasa gurih dan segar yang makin kaya rasa bersama dengan isian lainnya.

Lokasi warung soto ini ada di Jl. Prof. Dr. Yohanes, Sagan, salah satu kawasan yang ramai bagi pencari sarapan. Soto Ayam Pak Man Sagan cukup populer di kawasan ini, terlihat dari banyaknya antriap pelanggan. Apalagi lokasinya yang dekat dengan gedung-gedung perkantoran.

Sarapan klasik orang Indonesia

A post shared by Y.Irawaty Wibowo,drg.,SpKGA (@ir4_wibowo) on

 

2. Soto Pites Mbah Galak

Namanya memang agak serem, Soto Pites Mbah Galak. Namun ternyata penjualnya nggak ada galak-galaknya, malah ramah. Apalagi soto ini termasuk yang legendaris di kawasan Pasar Beringharjo yang telah buka sejak tahun 1956. Namun memang dulunya soto ini dikelola oleh Mbah Harjo yang dikenal galak, namun sayang sama anak-anak.

Soto ini menggunakan daging sapi yang dikenal nikmat dan gurih dengan kuah bening yang segar. Lokasi soto ini berada di Pasar Beringharjo Lantai 1, Sisi Timur. Kalau tengah belanja di Pasar Beringharjo, sempatkan menjajal soto yang masih mempertahankan cita rasa dari Mbah Harjo.

 

3. Soto Ayam Pak Genit

Kelaparan di sekitar wilayah Timoho? Tenang ada Soto Ayam Pak Genit yang tidak hanya mengisi perut namun menggoyang lidah. Porsi soto ini emang terlihat besar, dengan gunungan suwiran daging ayam dan bihun yang cukup banyak. Rasanya pun tidak kalah, dengan kuah segar dan gurih khas soto ayam.

Warung Soto Ayam Pak Genit ini termasuk yang tersohor di kawasan Timoho, tepatnya ada Jln Timoho GK IV. Kalau kamu dari arah UIN, belok kiri masuk gang setelah Rel KA, sekitar 200m kanan jalan. Warung ini juga selalu ramai dipadati para pelanggan setianya.

 

4. Soto Ayam 61

Ada sebuah warung soto yang telah buka sejak tahun 1976 di kawasan Malioboro. Adalah Soto Ayam 61 yang berlokasi di Jalan Margo Mulyo atau Jalan A. Yani, yang merupakan sambungan jalan Malioboro. Jadi kalau kamu dari Malioboro, langsung saja menuju keselatan sebelum Mirota Batik kamu akan menemukan Soto Ayam 61.

Warung soto ayam ini bisa mempertahankan citarasanya seperti tahun 1976, sehingga memiliki banyak pelanggan setia. Di warung Soto Ayam 61 ini juga menyediakan beragam lauk pendamping seperti macam-macam sate dan telur kecap. Langsung saja cobain citarasa klasik Soto Ayam 61 ini.

 

5. Soto Lamongan Cak Lim

Banyak soto dengan gaya Lamongan yang ada di Jogja, namun salah satu yang populer adalah Soto Lamongan Cak Lim. Dengan ciri khas Lamongan pada kuahnya yang kuning, soto ini menawarkan rasa gurih dan nikmat. Belum lagi irisan daging sapi yang tidak pelit, membuat seolah-olah lupa diri untuk pengen nambah.

Warung Soto Lamongan Cak Lim ini berada di Jl. Veteran No. 206, Pandeyan, Umbulharjo atau Depan XT Square warung paling pertama sebelah timur. Kenikmatan soto ini memang layak untuk dicoba dan tidak boleh dilewatkan.

 

6. Soto Bu Pujo

Kita kembali lagi ke kawasan Pasar Beringharjo, dimana ada Soto Bu Pujo yang harus dicoba. Soto sapi racikan warung Bu Pujo ini khas Yogyakarta dengan kuah yang bening. Rasa kuah yang segar dan gurih langsung terasa saat mencicipinya. Perpaduan kaldu sapi dan bumbu rempahnya pas, rasanya ringan tidak berlebihan.

Sama halnya dengan Soto Pites Mbah Galak, Soto Bu Pujo ini juga legendaris di kawasan Pasar Beringharjo. Warung soto yang menempati Los H lantai dua Pasar Bringharjo ini telah ada sejak tahun 1955. Kalau ke sini, jangan lupa pesen es campurnya juga. Es campur ini menjadi penyempurna setelah menikmati seporsi soto.

#soto ayam #kulinerjoja

A post shared by wisnukuncoro (@wisnukuncoromurti) on

 

7. Soto Pak Syamsul

Satu lagi soto yang tidak boleh dilewatkan, ada Soto Pak Syamsul dengan cita rasa khas Jawa Timur. Seperti biasanya soto dari Jawa Timur, kuah yang digunakan bewarna kuning. Rasa kuah yang gurih berpadu dengan nikmatnya daging sapi yang melimpah. Jangan lupa cobain juga dengan paru goreng yang banyak direkomendasikan para pelanggan.

Warung Soto Pak Syamsul ini berada di Pasar Colombo Jl. Kaliurang Km 7,5. Biasanya warung soto ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore, dan pasti ramai dipadati pelanggan.

The almighty Soto Pak Syamsul . Soto Pak Syamsul Pasar Kolombo Jalan kaliurang #jogjaeaters #jogja #kulinerjogja #soto

A post shared by Jogja Eaters | #JogjaEaters (@jogjaeaters) on

 

Part 1

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like