Woh, Ada Telur Asin Aneka Rasa Dari Rendang, Soto, Gulai, Hingga Mangga

JogjaUpdate.com (28/12/17), Inovasi kuliner terus berkembang, bahkan makanan tradisional pun tidak ketinggalan. Seperti telur asin, yang selama ini rasanya cuma itu-itu saja juga melakukan inovasi. Kini sudah ada inovasi baru, telur asin aneka rasa dari rasa rendang, soto, gulai, bahkan hingga mangga.

Telur asin aneka rasa ini merupakan produksi dari Kelompok Peningkatan Peran Wanita Sehat Sejahtera (P2WKSS) Arum Ndalu Dusun Padokan dan Mrisi, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Mereka telah bisa memproduksi telur asin rasa rendang, soto, gulai, dan buah-buahan seperti mangga.

Inovasi telur asin aneka rasa ini telah digarap sejak 2015 yang lalu, dan terus dikembangkan hingga saat ini. Meski sempat terganggu dengan harga garam yang melonjak tinggi beberapa waktu lalu, namun industri telur asin aneka rasa ini tetap bertahan. Lalu seperti apa proses pembuatan telur asin unik ini?

Menurut yang dimuat HarianJogja.com (28/12/17), Koordinator Kelompok P2WKSS Arum Ndalu, Retno Widayati menuturkan proses pembuatan telur asin aneka rasa ini tidak jauh berbeda dengan rasa yang original. Yaitu telur bebek atau ayam yang akan diproses dicuci bersih kemudian diamplas agar bumbunya dapat meresap dengan baik.

Setelah bersih, adonan bata halus dicampur dengan bumbu yang diinginkan kemudian diaduk hingga rata. Telur yang sudah disiapkan dibalut dengan adonan dan didiamkan seminggu untuk rasa original dan dua minggu untuk rasa lainnya. “Setiap dua hari sekali harus ditetesi air, agar bumbu tidak kering dan rasanya meresap,” katanya

Berbeda untuk rasa buah seperti mangga, membutuhkan proses yang lebih lama dan rumit. Pemberian bumbu harus diulangi sampai tiga kali, karena rasa buah susah dikunci daripada rasa masakan lainnya. Bahkan beberapa rasa buah seperti jeruk tidak dapat dikunci di dalam telur asin.

Ditambahkan Retno, dengan modal telur seharga Rp1.000 hingga Rp.2000 per butir, setelah diolah menjadi telur asin aneka rasa bisa laku dijual sampai Rp5.000 per butir. Sedangkan untuk telur asin rasa original, dihargai hanya Rp3.000 per butir.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like