Sejarah Geng Jogja Yang Ternyata Berawal Dari Club Sepeda

JogjaUpdate.com (17/3/17), Akhir-akhir ini tengah bermunculan sejumlah geng remaja di Jogja, yang diantaranya berbuat tindak kriminal. Namun ternyata perkembangan Geng anak-anak muda di Jogja ini telah melalui sejarah panjang. Dan tahukah kamu sejarah geng Jogja banyak yang berawal dari club sepeda.

Iya, sepeda bukan sepeda motor seperti yang di-tweet-kan akun @krisna17revolt. Hal ini diungkap Dr. Sidik Jatmika, M.Si dalam bukunya yang berjudul Genk Remaja : Anak Haram Sejarah Ataukah Korban Globalisasi. Buku terbitan Kanisius pada tahun 2010, mengungkap banyak hal mengenai perkembangan geng remaja di Jogja pada era tahun 1970-an hingga 1980-an.

Di tahun-tahun itu memang sedang marak sepeda minicross atau sepeda BMX di seputaran DIY. Tidak sedikit remaja-remaja yang akirnya menggabungkan diri menjadi club atau bahkan membentuk geng sepeda. Dan sebagai club sepeda, mereka pun banyak yang mengikuti perlombaan-perlombaan sepeda minicross.

Namun tidak sedikit kelompok-kelompok ini malah bergeser kearang geng remaja. Tidak jarang mereka melakukan konvoi atau yang sekarang dikenal dengan nama Klitih di jalanan Jogja. Namun kelilingnya naik sepeda lho, bukan sepeda motor. Dan akhirnya berkembang ke persaingan corat coret nama geng di tembok-tembok.

Dari geng-geng sepeda inilah yang akhirnya berkembang menjadi geng-geng sepeda motor di Jogja. Dan menjadi cikal bakal dari kelompok-kelompok yang namanya masih akrab di kalangan masyarakat Jogja. Sebut saja Joxzin dan QZRUH, yang menjadi rival dari masa ke masa di Jogja.

Keunikan Nama-nama Geng di Jogja

Nama-nama geng di Jogja ini memang unik, dari kreativitas pendirinya yang tidak biasa membuat nama yang berbeda dan tidak lekang waktu. Namun tidak sedikit namanya yang aneh, bahkan rada-rada nggilani gitu. Dan beberapa nama-nama yang masih terngiang di benak masyarakat Jogja ada: MARABUNTA, CEPETHE, Derex, dan Rasputin hingga Tepepa.

Mengenai nama-nama geng di Jogja, selengkapnya di sini.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like