Tidak Banyak yang Tahu, Ini Sejarah Lomba Balap Karung di Indonesia

JogjaUpdate.com (15/08/18), Banyak lomba yang diselenggarakan dalam merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Ternyata di balik lomba di Agustusan seperti lomba balap karung, ada beberapa hal di baliknya. Dan tahukah kamu mengenai sejarah lomba balap karung ini?

Banyak yang menyebutkan kalau sejarah lomba balap karung berasal dari masa pendudukan Jepang. Saat itu rakyat Indonesia sangat menderita hingga karung goni digunakan sebagai bahan baju. Sehingga lomba ini diduga bermakna injak-injak karung goni sebagai wujud kekesalan pada penderitaan.

Baca Juga: Kisah Pahit Di Balik Sejarah Lomba Panjat Pinang

Namun ternyata, lomba balap karung bukan berasal dari masa pendudukan Jepang. Lomba ini ternyata berasal dari Belanda yang di bawa masuk ke Indonesia. Yang pada akhirnya menjadi populer di kalangan rakyat Indonesia.

Lomba balap karung orang Belanda
Lomba balap karung orang Belanda

Awalnya lomba balap karung dilombakan di sekolah-sekolah bentukan misionaris Belanda. Lalu diperlombakan di Instansi-instansi bentukan Belanda. Karena perlombaan ini sudah lebih dulu populer di Negeri Belanda.

Akhirnya rakyat Indonesia pun mengikuti perlombaan ini dan banyak yang menyukainya. Bahkan di zaman pendudukan Jepang pun perlombaan balap karung masih dilakukan.

Baca Juga: Sejarah Emoji Yang Sering Dipakai Dalam Chat Hingga Social Media

Dari peraturannya pun tidak banyak terjadi perubahan sejak awal hingga kini. Yaitu adau cepat-cepatan dengan setengah badan masuk ke dalam sebuah karung. Peserta harus melompat-lompat agar tidak terjatuh saat berlomba.

Lomba balap karung zaman penjajahan Belanda
Lomba balap karung zaman penjajahan Belanda

Dulu kala, perlombaan balap karung diikuti oleh anak-anak umur 6 hingga 12 tahun. Namun di Indonesia, orang dewasa pun ikut serta dalam perlombaan ini.

Baca Juga: Sejarah Kacamata Dan Perkembangannya

Itulah sejarah lomba balap karung yang awalnya dari Negeri Belanda hingga bisa sampai di Indonesia.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like