Jebul Kuntilanak dan Sundel Bolong Itu Beda, Jangan Disama-samain

JogjaUpdate.com (22/11/17), Sama-sama dikenal dengan wujud perempuan berambut panjang dan gaun putih, ternyata Kuntilanak dan Sundel Bolong itu berbeda. Walaupun sekilas perawakannya mirip namun jangan sama-samakan kedua makhluk halus ini, nanti mereka tersinggung.

Sebelumnya, pernah kami bahas mengenai sosok makhluk halus bernama Kuntilanak. Setelah penelusuran lebih lanjut, ternyata ada beberapa perbedaan diantara Kuntilanak dan Sundel Bolong. Apa saja, berikut ini:

1. Penampakan fisik

Keduanya digambarkan dengan penampilan perempuan berambut panjang dan mengenakau gaun putih. Yang paling mencolok perbedaan adalah masalah lubang. Sundel Bolong, seperti namanya memiliki lubang pada bagian belakangnya hingga terlihat organ-organ dalam perutnya sampai tembus ke depan.

Sedangkan Kuntilanak, disebutkan tidak terlihat memiliki lubang di bagian perut depan juga belakang. Namun ada pula yang menyebutkan kalau Kuntilanak memiliki lubang di bagian leher belakangnya. Paling mencolok dari Kuntilanak adalah perawakannya yang agak membungkuk.

2. Arti nama

Nama Sundel Bolong berasal dari istilah Sundal Bolong, Sundal merujuk pada wanita jalang atau pelacur, dan bolong artinya berlubang tembus. Hal ini seperti penggambaran umum Sundel Bolong sebagai sosok perempuan yang mempunyai lubang bagian punggungnya tembus ke depan.

Sedangkan Kuntilanak berasal dari Bahasa Melayu, Pontianak atau Puntianak. Yaitu makhluk halus yang dipercayai berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama Puntianak merupakan singkatan dari perempuan mati beranak.

3. Mitos, kisah/cerita

Kuntilanak erat kaitannya dengan nama Kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Menurut Wikipedia, Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Sundel Bolong dikisahkan sebagai wanita yang mati karena diperkosa dan kemudian melahirkan anaknya di dalam kubur. Ada pula kisah Sundel Bolong adalah wanita yang mati karena melahirkan anaknya melalui punggung. Namun ada yang menyebutkan kalau Sundel Bolong adalah mitos yang sengaja diciptakan untuk melindungi wanita dari gangguan pria jahat.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sundel_bolong
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuntilanak
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak#Etimologi
Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like