Tanaman Yang Baik Ditanam Depan Rumah Menurut Mitos

JogjaUpdate.com (2/3/17), Orang Jawa tidak lepas dari mitos-mitos mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh. Termasuk mengenai tanaman apa saja yang boleh dan tidak boleh ditanam di depan rumah. Setelah kemarin kami membuat daftar pohon yang tidak boleh di tanam di depan rumah, kini kami buatkan daftar tanaman yang baik ditanam depan rumah menurut mitos.

1. Sawo Kecik

Bagi masyarakat Jawa, tanaman Sawo Kecik ini artinya adalah Sarwo Becik atau serba baik. Dengan menanam pohon di halaman depan rumah Sawo Kecik dipercaya mendatangkan kebaikan. Menurut cerita, buah pohon Sawo Kecik ini digemari oleh Putri-putri Keraton karena dianggap sebagai pengharum alami. Bila memakan buah ini, keringat, nafas bahkan hingga air kencing pun menjadi harum.

2. Teratai

Bunga teratai ini dikenal dengan keindahannya, dan mampu tumbuh baik di air. Bunga ini juga melambangkan keindahan dan keserasian dengan alam. Di balik keindahannya, Bunga Teratai juga dipercaya mendatangkan kesejahteraan, kebahagian dan suasana harmonis di dalam rumah.

3. Kuping Gajah

Jangan kira tanaman ini sebesar telinga gajah beneran, Kuping Gajah itu cuma namanya saja karena bentuknya menyerupai. Tanaman dengan nama latin Anthurium crystallinum ini diyakini bagus kalau ditanam depan rumah. Tanaman Kuping Gajah dipercaya mampu mendatangkan rezeki dan materi berlimpah.

4. Bunga Matahari

Bunga ini terlihat cantik dengan kelopaknya yang berwarna kuning terang dan batangnya yang hijau segar. Menjadi kombinasi serasi yang akan membuat halaman depan rumah nampak cerah dan menarik. Menurut mitos, jika tumbuhan ini ditanam di halaman rumah, keluarga akan menjadi tenteram, bahagia dan harmonis.

5. Palem Ekor Tupai

Pohon ini sering dijadikan sebagai tanaman pagar tinggi di halaman rumah maupun komplek-komplek perumahan. Jika ditanam berderet, dapat menjulang tinggi dengan baik dan mampu meneduhkan rumah. Palem Ekor Tupai ini diyakini mampu mendatangkan berkah dan kebijakan. Namun sayangnya jenis Palem Ekor Tupai ini sulit ditemukan, sehingga harganya tinggi.

6. Keladi Besar

Daun Keladi Besar ini terkenal karena kelebarannya, yang bisa membuat halaman rumah terlihat rimbut dan hijau. Tanaman Keladi Besar ini dipercaya kalau semakin lebar daunnya, semakin banyak menampung rejeki. Selain itu juga diyakini bisa menghindarkan dari maling untuk masuk rumah.

7. Pandan

Tanaman Pandan biasanya dikenal sebagai bahan masakan, namun ternyata bisa juga jadi hiasan halaman rumah. Sama halnya dengan Keladi, pandan juga membuat rumah menjadi terlahat rimbun. Pandan dipercaya oleh para peternak untuk melindungi ayam-ayam mereka dari serangan musang.

8. Sedap Malam

Tanaman dengan nama latin Polianthes tuberose ini berasal dari Meksiko, namun terkanal kemana-mana. Bunga Sedap malam ini memiliki bau yang unik yang kompleks, mulai dari wangi manis sampai eksotis. Selain sebagai pengharum, menanam Bunga Sedap Malam di halaman depan rumah dipercaya memberikan ketenangan bagi pemiliknya.

9. Anthurium

Tanaman yang sempat ngetren ini memang nampak cantik dengan bunga warna merahnya. Bunganya yang cantik dan berwarna cerah ini membuat rumah jadi lebih bewarna dan segar. Selain itu, tanaman Anthurium ini dipercaya sebagai simbol kejayaan. Dengan menanam tanaman ini di depan rumah diyakini akan membawa keberuntungan.

10. Melati

Bau Bunga Melati terkenal akan keharumannya yang menenangkan dan menyegarkan. Tanaman Bunga Melati ini juga dipercayai membawa keagungan, kesejahteraan dan keharmonisan bagi penghuni rumah. Bunga Melati dipercaya bisa mempengaruhi aura manusia, agar menjadi lebih halus dan tenang. Selain itu dikenal juga memiliki daya pikat yang kuat.

11. Aglaonema

Tanaman Aglaonema atau lebih dikenal sebagai Sri Rejeki sudah lama dikenal sebagai penghias halaman rumah. Dari namanya yan Sri Rejeki, tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan dan rejeki ke rumah. Semakin jelas warna yang muncul dipercaya semakin banyak rejeki yang datang. Apalagi yang berwarna kuning atau emas, akan membawa rejeki yang banyak jika diletakan di depan rumah.

12. Hanjuang

Hanjuang atau dikenal dengan nama Andong ini juga termasuk dalam tanama hias di rumah. Menurut mitos yang dipercaya banyak orang, Hanjuang ini bagus jika ditanam di depan rumah karena dianggap bisa menolak bahaya. Selain itu, dipercaya juga dapat mengusit tikus, serangga dan penyakit dari tanaman padi.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like