Jebul Rantai Kendor Bisa Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

JogjaUpdate.com (10/8/17), Banyak hal yang menjadi penyebab sepeda motor boros bensin, salah satunya jebul rantai. Karena tahukah kamu rantai kendor bisa menyebabkan sepeda motor jadi lebih boros bensin. Kenapa bisa demikian? Ternyata ada kok penjelasan yang mudah dimengerti.

Sebelumnya perlu dipahami lebih dahulu, kondisi apa yang bisa membuat mesin mengonsumsi bahan bakar lebih dari normal. Salah satunya adalah kinerja dan beban yang dibebankan pada mesin. Ketika mendapat beban berlebihan untuk tetap membuat kendaraan melaju normal, mesin harus lebih berkerja lebih keras.

Dan perlu diketahui, ketika mesin bekerja lebih berat dari normal akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Salah satu beban yang harus ditanggung mesin adalah menggerakan roda belakang. Untuk membuat roda belakang bergerak, digunakanlah ranti sebagai penghubung.

Kondisi rantai yang kencang tau kendor ini juga bisa mempengaruhi beban yang ditanggung mesin. “Dalam kondisi rantai kendor, ‘lari’ kendaraan sudah tidak ‘padat’. Mata rantainya tidak mencengkeram stabil sehingga butuh daya yang lebih besar. Sederhananya kerja mesin lebih berat,” terang Kimin, mekanik Motoraya seperti yang dimuat Liputan6.com.

Rantai motor yang kendor membuat motor jadi kurang responsif dalam menyalurkan tenaga ke roda belakang. Sehingga mesin harus bekerja lebih keras untuk melaju dalam kondisi normal. Sehingga berakibat pada bensin yang lebih boros lagi. “Lari motor jadi kurang responsif. Otomatis bensin lebih cepat boros,” tambahnya.

Ada pula blogger Fredy Kusuma yang melakukan percobaan untuk membuktikan teorin ini. Ia menggunakan Suzuki Thunder dengan jarak tempuh 20km dengan bobot 75 kilogram dan kecepatan tidak melebihi 50 km/jam. Percobaan ini ia lakukan dengan sepeda motor dalam keadaan rantai kendor dan normal.

Dan hasilnya, sepeda motor yang rantainya kendur mengonsumsi bensin sebanyak 485 ml atau 41,24 km/liter. Sedangkan sepeda motor dalam keadaan rantai normal mengonsumsi bensin 470 ml atau 42,55 km/liter. Walaupun cuma berbeda sedikit, namun telah dibuktikan rantai kendor membuat sepeda motor boros bensin.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like