Jebul Vape Tidak Bisa Dianggap Rokok Sehat

JogjaUpdate.com (30/01/17), Rokok elektronik atau sering disebut Vape sempat ngetren dibeberapa daerah. Banyak yang menggunakan sebagai pengganti rokok biasa, karena dianggap sebagai rokok sehat. Apakah benar Vape bisa disebut sebagai rokok sehat?

Menurut dokter spesialis paru, Agus Dwi Susanto yang dirilis health.kompas.com, jebul Vape tidak bisa dianggap rokok sehat. Melihat kandungan didalamnya, Vape tetap bisa membahayakan bagi kesehatan. “Vape itu yang dikeluarkan bukan asap, tetapi uap. Cairan yang dipanaskan dan mengeluarkan uap dengan mekanisme elektrik itu menimbulkan radikal bebas,” ungkap Agus.

Menurut Agus, radikal bebas yang masuk ke tubuh ini lama-kelamaan dapat merusak sel sehat. Penelitian juga menemukan kalau cairan vape dipanaskan dapat menghasilkan zat yang bersifat Karsinogen atau bisa memicu kanker. Zat perasa untuk menghasilkan aroma buah-buahan yang beraneka ragam pun mengandung bahan kimia yang tak menyehatkan.

Vape juga diklaim bebas Nikotin, namun ternyata beberapa penelitian menyebutkan lain. Dalam beberapa penelitian tetap ditemukan kandungan Nikotin dalam Vape. Agus juga menambahkan kalau banyak riset penelitian yang tidak menyarankan merokok elektronik atau Vape ini.

Senada dengan Agus, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, dr Lily Sulistyowati menambahkan kalau bahan campuran dalam cairan vape juga tidak terlepas dari dari bahan berbahaya. “Tetap ada bahan yang berbahaya, apalagi jka ada ekstrak tembakau. Tidak ada rokok yang menyehatkan,” ungkap Lily.

Selain itu Vape juga mempunyai peluang bahaya seperti meledak. Beberapa laporan kasus, Vape mencelakai penggunanya karena meledak di tangan. Bahkan ada kasus juga yang meledak di mulut penggunanya ketika tengah menghisap Vape.

Karena itulah, Vape ini tidak bisa dikategorikan sebagai rokok sehat. Kalau mau sehat, caranya bukan mengganti rokok biasa ke rokok elektronik. Cara paling sehat adalah berhentilah merokok!

sumber: health.kompas.com/read/2017/01/29/200347823/jangan.anggap.vape.sebagai.rokok.yang.sehat.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like