Jebul Perokok Juga Beresiko Alami Kebutaan

JogjaUpdate.com ~ Selama ini banyak orang tahu kalau bahaya merokok bagi kesehatan terkait dengan parnapasan. Seperti kanker paru-paru, dll. Namun jebul ternyata perokok juga beresiko alami kebutaan, malah empat kali lebing tinggi kemungkinannya dibanding yang tidak merokok.

Selain memicu kanker dan penyakit jantung, ternyata bahan kimia dalam rokok juga memicu perubahan biologis di mata. Perubahan ini bisa memicu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kebutaan. Hal ini berkaitan dengan usia degenerasi makula, yang menjadi penyebab utama kebutaanm katarak dan penyakit mata tiroid.

Menurut yang dirilis Kompas.com, kemungkinan kebutaan pada orang yang merokok ini diuatarakan oleh David Cartwright, ketua Eye Health UK. “Rokok menyebabkan kebutaan tujuh juta perokok di Inggris yang sebagian besar belum menyadari bahaya tersebut. Kurang dari 10 persen perokok yang menyadari rokok dapat memengaruhi kesehatan mata mereka.” kata David Cartwright.

David Cartwright juga menambahkan kalau setengah dari semua resiko kebutaan di Inggris bisa dihindari. Dengan cara mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok. Ia juga memperingatkan bahwa perokok sosial pun berisiko, setiap jumlah rokok yang dihisap dapat memengaruhi kesehatan mata.

Dan menurut yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, satu dari lima kasus degenerasi makula terkait usia dapat dihubungkan dengan konsumsi rokok. Dimana di Inggris sendiri, ditemukan 120.000 kasus seperti ini. Selain itu juga berpotensi mengalami cacat pengliatan warna. Dimana nikotin membuat seseorang sulit membedakan warna dan rona antara merah atau hijau. (120317)

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like