Kenapa Bau Asap Rokok Susah Dihilangkan? Ini Penjelasannya

JogjaUpdate.com (25/03/18), Bagi orang yang tidak merokok, Asap rokok sangatlah mengganggu. Apalagi asap rokok memiliki bau yang asing dan membuat orang yang tidak merokok merasa tidak nyaman. Ditambahlagi, bau asap rokok susah untuk dihilangkan.

Baca: Jebul Perokok Juga Beresiko Alami Kebutaan

Bau asap rokok ini dapat menempel di kulit, pakaian, rambut, hingga saluran pernapasan. Bagi penderita asma, sinusitis dan rhinitis, bau seperti asap rokok ini bisa mengganggu selaput sensitif dalam pernapasannya. Lalu kenapa bau asap rokok ini susah untuk dihilangkan?

Menurut yang dimuat Howtogetridofstuff.com (13/12/2010), tidak seperti bau lainnya, asap rokok memiliki bau yang sulit dihilangkan. Hal ini karena asap rokok terbuat dari rantai molekul yang panjang. Sehingga butuh waktu lebih lama dan sulit untuk dihilangkan.

Selain itu, asap rokok mengandung zat dan residu beracun yang dapat menempel. Bahkan tidak hanya pada si perokoknya, namun orang lain di sekitar atau perokok pasif juga tertempel baunya. Makanya asap rokok yang menempel disebut sebagai ‘third-hand smoke’.

Baca: Dari Hasil Penelitian, Jebul Merokok Bisa Menyebabkan Tuli

Istilah ‘Third-hand smoke’ digunakan untuk menjelaskan banyaknya residu beracun dari asap rokok yang bisa menempel benda dan anggota tubuh dalam waktu lama. Bukan hanya baju dan kulit, bau residu beracun ini juga bisa menempel ke rambut hingga saluran pernapasan.

Lebih parahnya, seorang perokok akan tetap menghembuskan racun dari napasnya selama beberapa menit setelah merokok. Hal ini karena residu beracun tersebut menempel pada saluran pernapasannya, dan terbawa oleh hembusan nafas si perokok.

“Bahaya dari third-hand smoke ini sangat nyata. Karena ketika seseorang merokok di tempat manapun, partikulat beracun dari asap rokok ini akan masuk ke dalam rambut dan pakaian,” ujar Profesor Jonathan Winickoff dari Massachusetts General Hospital, seperti dilansir BBCNews.

Untuk menghilangkan bau asap rokok, disarankan mencuci pakaian yang terkena asap rokok dengan detergen kuat. Selain itu, usahakan biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu setelah terpapar asap rokok. Ini juga membantu mengurangi bau dan residu yang menempel.

Baca: Cara Menghilangkan Bau Rokok Dalam Ruangan

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like