Bahaya Merokok Sambil Berkendara

JogjaUpdate.com (26/12/17), Perilaku buruk pengendara kendaraan bermotor tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga orang lain di jalan raya. Salah satu perilaku buruk yang membahayakan pengendara lain adalah merokok sambil berkendara. Karena itu jangan merokok sambil berkendara sepeda motor maupun mobil.

Baca: Tips Menghindari Tabrakan Fatal Dengan Hewan Yang Tiba-Tiba Muncul

Kenapa merokok sambil berkendara dianggap berbahaya? Alasan utamanya adalah abu dan bara rokok yang bisa melayang kemana-mana. Abu rokok ini bisa mengenai mata pengendara lain dan mengganggu penglihatan. Ketika masuk ke mata pengendara lain, akan membuat iritasi dan menggangu penglihatan.

Dengan iritasi mata ini, akan membuat pengendara jadi kurang fokus dan beresiko terjadi kecelakaan. Lebih bahaya lagi jika bara rokok yang terbang sampai mengenai mata pengendara lain. Himbauan untuk tidak merokok sambil berkendara ini sampaikan oleh TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitternya, @TMCPoldaMetro.

“Bagi Pengendara, hormati Pengguna jalan lain dengan tidak menghisap rokok sembari berkendara. Abu dan bara rokok dapat membahayakan penglihatan Pengendara lain ketika masuk ke mata. Iritasi pada mata membuat Pengendara lain menjadi kurang fokus dan dapat menyebabkan #kecelakaan” tulis TMC Polda Metro Jaya.

 

Bila kamu sedang berkendara dan menemukan pengendara lain yang sedang merokok, sebaiknya untuk menghindar atau menjaga jarak aman. Disarankan juga untuk menggunakan penutup wajah dan menutup kaca helm. Ini untuk menghindari abu rokok maupun debu yang bertebaran dan membahayakan penglihatan.

Baca: Inilah 5 Alasan Kenapa Anak Di Bawah Umur Dilarang Nyetir

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like