Jangan Malas, Ada Banyak Manfaat Jalan Kaki

JogjaUpdate.com (31/12/17), Jalan kaki merupakan olah raga ringan yang memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh. Namun sayangnya, sudah semakin banyak orang malas untuk berjalan kaki. Saking malasnya, mau ke warung beberapa meter saja harus pakai sepeda motor.

Padahal banyak manfaat jalan kaki yang bisa kamu dapatkan, gratis pula. Kamu tidak perlu beli bahan bakar, tidak perlu beli tiket hanya butuh tenaga dari makanan. Naik kendaraan pun kamu juga butuh makan juga kan? Berikut ini beberapa manfaat jalan kaki menurut yang dimuat AloDokter.com:

Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol

Jalan kaki memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung serta mengatur tingkat kolesterol. Menurut studi, jalan kaki selama 30 menit diduga bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat jantung.

Jalan kaki yang teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Namun jika memiliki masalah jantung, sebaiknya dikonsultasikan lebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui sebarapa lama dan berat jalan kaki yang bisa dilakukan.

Mencegah diabetes tipe 2

Manfaat jalan kaki juga dapat mencegah diabetes tipe 2. Dengan melakukan jalan kaki setidaknya 30 menit dalam sehari, kamu telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30 menit, dipercaya mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Menurunkan berat badan

Tidak diragunkan lagi, sebagai olah raga ringan, jalan kaki juga bisa membakar kalori. Dengan berjalan cepat selama 30 menit, kamu bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat melangkah kaki kamu, semakin banyak kalori dibakar. Namun tetap harus diimbangi dengan pola makan sehat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurang olahraga dapat membuat tubuh mudah terkena penyakit. Sempatkan diri untuk melakukan jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan melawan infeksi. Berjalan selama 30 menit juga bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak dan secara otomatis akan melepas zat kimia yang membuat kamu merasa lebih baik.

Baca: Dampak Buruk Kurang Tidur, Dari Pikun Hingga Telmi

Mengurangi stres

Ternyata jalan kaki juga bisa membantu dalam mengurangi dan mencegah stres. Berjalan kaki dan aktivitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood kamu merasa lebih baik. Dengan endorfin ini akan mengurangi rasa cemas serta depresi.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang, sehingga menjadi keropos dan rentan patah karena rapuh. Dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, kamu bisa membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

Selain beberapa di atas, manfaat jalan kaki masih ada banyak lagi lho. Dari mengurangi risiko terkena asma, stroke, radang sendi, hingga beberapa jenis kanker. Jadi, manfaatkan baik-baik jalan kaki. Jangan malas untuk berjalan kaki, selain murah meriah juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca: Ini Beberapa Manfaat Jambu Dersono Bagi Kesehatan

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like