Inilah Cara Mudah Membersihkan Keyboard Laptop

JogjaUpdate.com (18/5/17), Selain mudah dibawa-bawa, laptop juga ringkas tidak memakan banyak tempat. Namun dibalik kepraktisan ini, laptop juga memiliki kelemahan pada saat membersihkan. Bagian tersusah adalah ketika membersihkan keyboard laptop karena banyak kotoran yang ndlesep-ndlesep.

Karena susahnya membersihkan keyboard laptop, banyak yang tidak melakukannya. Memilih menggunakan karet pelindung keyboard atau hanya membersihkan bagian casing luar laptop saja. Sebenarnya membersihkan keyboard laptop tidak sesusah yang dibayangkan orang kok, ada cara-cara mudahnyah.

Berikut ini cara mudah membersihkan keyboard laptop laptop:

  1. Matikan laptop sebelum mulai membersihkannya, dan jangan menghubungkan dengan charger dahulu.
  2. Balik laptop dan goyang-goyang secara perlahan untuk menjatuhkan kotoran atau remah-remah makanan yang menyangkut. Cukup digoyang-goyang saja, jangan diketok-ketok apalagi dibanting.
  3. Gunakan gas/air duster atau semacam semprotan udara, biasanya dijual kalengan. Gunakan udara bertekanan untuk meniup kotoran yang terjebak di dalam keyboard. Bisa juga menggunakan blower yang sering digunakan untuk pembersih kamera. Tidak dianjurkan menyebul pakai mulut, takutnya air ludah yang ikut nyemprot.
  4. Gunakan lap bersih yang dibasahi alkohol untuk mengangkat noda di bagian atas tombol dan disela-sela keyboard. Atau bisa juga menggunakan cairan yang mudah menguap dan tidak meninggalkan bekas.
  5. Coba tekanlah satu persatu tombol, bila ada yang menggajal coba ulangi lagi proses pembersihan. Terutama pada tombol yang masih terasa terganjal kotoran.

Rutin

Walau terdengan simple, namun membersihkan laptop ini sebenarnya penting. Terutama pada keyboard laptop, karena beruhungan dengan kenyamanan dalam penggunaannya. Jika terlalu banyak kotoran tertimbun dibawah tombol-tombol keyboar, akan menggangu ketika menekannya.

cara aman membersihkan layar

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like