Ini Cara Menghindari Spoiler Film

JogjaUpdate.com (28/04/18), Salah satu elemen penting dalam sebuah film adalah cerita. Bagi sebagian besar orang mengetahui langsung cerita dengan menonton film adalah hal penting. Sayangnya, kesenangan ini sering terganggu dengan adanya spoiler film.

Baca: 5 Genre Anime Yang Tidak Boleh Ditonton Anak-Anak

Jangan sampai kenikmatan menonton film kamu terganggu dengan adanya spoiler-spoiler. Apalagi di era digital ini, banyak sekali spoiler film bertebaran di social media. Ada yang secara sengaja disebarkan orang-orang, ada yang tidak sengaja karena  saking antusiasnya.

Berikut ini ada cara-cara untuk menghindari spoiler film:

1. Jauhi social media

Social media saat ini menjadi sumber utama bertebarannya spoiler-spoiler. Bisa saja secara tidak sengaja kamu membaca postingan orang berisikan spoiler. Kalau kamu benar-benar mau menghindarinya, sebaiknya jauhi social media untuk beberapa saat sampai menontonnya langsung.

2. Filter keyword

Kalau memang susah lepas dari social media, kamu bisa memanfaatkan fitur filter keyword. Seperti yang ada di Twitter, kamu bisa mengaksesnya melalui Settings and privacy > Privacy and safety > Muted words > Add. Di sana kamu bisa memasukkan kata atau hashtag tertentu yang tidak ingin terlihat.

3. Ekstensi browser

Jika kamu browsing menggunakan Chrome, ada beberapa ekstensi yang bisa digunakan untuk menghindari spoiler. Seperti Unspoiler dan Spoiler Protection 2.0. yang bisa memberitahu kamu adanya keyword tertentu yang sudah dimasukkan lebih dahulu.

Baca: Hasil Penelitian, Nonton Film Horor Berdampak Baik Untuk Kesehatan

4. Hindari komentar di Youtube

Youtube juga menjadi tempat bersarang dari spoiler-spoiler ini. Biasanya paling banyak ada di komentar dari trailer maupun video review film tersebut. Kamu bisa menghindarinya dengan tidak membaca komentar. Atau bisa menggunakan ekstensi No Youtube Comments yang menyembunyikan komentar Youtube.

5. Hindari review yang tidak menyebutkan bebas spoiler

Banyak orang yang membaca atau menonton review sebelum memutuskan untuk menonton film. Sayang beberapa reviewer tidak menyebutkan apakah review mereka bebas spoiler atau tidak. Hanya baca atau tonton review yang menyebutkan bebas spoiler dari awal.

6. Segera nonton

Kamu mungkin bisa memproteksi diri dari spoiler di social media dan internet. Namun berat untuk menghindari di dunia nyata, dari cerita teman hingga obrolan orang yang tidak sengaja terdengar. Cara paling ampuh untuk menghindari spoiler adalah segera menontonnya.

7. Jangan jadi tukang spoiler

Jika sensasi menonton kamu tidak ingin terganggu karena spoiler film, jangan jadi tukang penebar spoiler juga. Baik sengaja atau pun tidak sengaja, karena bakal merugikan orang lain. Jika orang yang kamu spoilerin dendam, suatu saat nanti bakal membalas dengan gantian spoilerin kamu.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like