Sering Pakai WiFi Gratisan? Waspada 5 Hal Berbahaya Ini

JogjaUpdate.com (19/03/18), Koneksi internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Wajar saja banyak pihak yang menawarkan koneksi WiFi gratisan maupun berbayar di tempat publik. Semua dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang akan koneksi internet.

Baca: Inilah 5 Penyebab WiFi Lamban

Namun jika kamu sering menggunakan WiFi gratisan, alangkah baiknya kamu lebih berhati-hati. Termasuk menggunakan akses WiFi di tempat publik maupun kedai-kedai kopi. Karena ada saja orang yang berniat buruk dengan memanfaat banyaknya orang terhubung ke WiFi.

Menurut yang dimuat Brilio (12/03/18), berikut ini 5 hal berbahaya yang bisa terjadi pada WiFi gratisan:

1. Rentan pencurian data

Banyak pengguna perangkat mobile yang tidak sadar ketika mengakses internet lewat WiFi tidak dikenal dapat membahayakan. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa melakukan pencurian data pribadi dari smartphone atau laptop melalui koneksi WiFi.

Baca: 5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi

2. Rentan infeksi virus

Virus dan software berhabaya seperti malware juga sering disebarkan melalui koneksi WiFi. Selain dapat digunakan pencurian data pribadi, virus dan malware ini juga bisa meretas smartphone maupun laptop. Dari mengakses dan merekap suara maupun aktivitas yang kamu lakukan.

3. Dimata-matai

Seperti dua poin diatas, perangkat yang terinfeksi malware dapat menjadi sasaran pelaku yang memata-matai aktivitas yang kamu lakukan. Pelaku bisa merekam berbagai hal aktivitas, dari apa yang kamu ketik hingga mengakses daftar situs apa saja yang kamu kunjungi.

4. Terganggu Pop-up iklan

Tidak semua pihak memberikan akses WiFi gratisan yang benar-benar gratis tanpa timbal balik. Namun ada yang tidak sebaik itu, sebagai ganti akses internet kamu menjumpai iklan pop-up. Dan iklan pop-up ini perlu diwaspadai, karena tidak sedikit yang menyimpan jebakkan dan membahayakan perangkat kamu.

5. Akun sosial media dan email rentan di bajak

Orang-orang yang tidak bertanggung jawab selain mengincar data pribadi, juga mengincar akun-akun sosial media. Tidak hanya membajak akun sosial media dan email, juga bisa digunakan untuk hal tidak bertanggung jawab. Dari menipu orang lain, hingga digunakan sebagai bot.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like