Cara Membuat Password Yang Aman Tapi Mudah Diingat

JogjaUpdate.com (10/11/17), Di era digital ini, password merupakan kunci utama yang sangat penting dan harus dijaga. Namun tidak sedikit yang kesusahan dalam membuat password. Mau aman tapi susah untuk dihafat, atau mau mudah diingat tapi tidak aman? Bagaimana cara membuat password yang aman tapi mudah diingat?

Ada cara yang mudah untuk membuat password yang tidak mudah dibobol, namun tetap bisa diingat. berikut ini langkah-langkahnya:

1. Mulai dengan kalimat

Walaupun pengertian password adalah kata kunci, ada baiknya tidak menggunakan kata saja. Dalam membuat password yang baik, kita bisa memulai dengan membuat kalimat terstrutur. Pilih kalimat yang mudah diingat, tapi jangan pakai informasi seputar kehidupanmu. Hindari penggunaan nama keluarga atau hewan peliharaan.

Semakin jauh dan tidak terhubung dengan dirimu, password akan semakin baik. Misalnya dengan membuat kalimat “sudah maem belum”, kemudian kalimat ini diubah menjadi password “sudahmaembelum”.

2. Hindari pemakaian kata asli

Setelah membuat kombinasi kalimat yang ingin dijadikan password, lakukan sejumlah perubahan. Yaitu dengan cara memotong huruf-hurufnya, atau menyingkatnya agar tidak terlihat kalimat aslinya. Sebisa mungkin jangan memakai kata-kata yang sering dipakai agar tidak mudah ditebak.

Misalnya setelah mendapatkan password “sudahmaembelum”, ubahlah menjadi “dahmamlum”. Atau mengubahnya menjadi yang tidak mudah terbaca seperti “sumabel”.

3. Kombinasikan dengan nomor, simbol, dan huruf besar.

Setelah mendapatkan password yang dipendekkan, gabungkan kalimat tersebut dengan beberapa karater seperti nomor, simbol, dan huruf besar kecil. Kamu juga bisa memasukkan simbol seperti titik dan tanda seru. Dan yang perlu diingat, jangan ulangi penggunaan karakter yang sama terlalu dekat.

Misalnya dari password “dahmamlum” bisa diubah menjadi “d4hMam!um”, atau dari “sumabel” menjadi “5umAbel”.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like