Ini Penyebab Garansi Sepeda Motor Hangus

JogjaUpdate.com (08/11/17), Ketika membeli barang, salah satu yang diperhatikan adalah garansi. Jika membeli sepeda motor baru langsung dari dealer atau showroom, dapat dipastikan mendapatkan garansi. Namun karena suatu hal yang dilakukan pembeli, garansi sepeda motor bisa hangus.

Menurut yang dimuat Liputan6.com (07/11/17), Honda Cengkareng menjelaskan bagaimana garansi sepeda motor bisa hilang atau hangus. Yang pertama adalah hilangnya atau rusaknya buku servis dan garansi dari Honda. Seluruh Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) pasti akan menanyakan buku ini.

Jika buku servis dan garansi ini hilang atau rusak, pemilik sepeda motor Honda tidak bisa mendapatkan garansi. Hal ini karena pihak AHASS tidak bisa melakukan klaim ke Astra Honda Motor. Sebaiknya buku servis dan garansi ini disimpan dengan baik dan aman, dan pastikan mendapatkannya jika membeli sepeda motor.

Penyebab kedua adalah tidak melakukan perawatan berkala di AHASS sesuai dengan ketentuan. Dengan kata lain, jika pemilik sepeda motor Honda tidak melakukan servis secara rutin dengan ketentuan yang telah tertera dalam buku servis dan garansi, makan garansi sepeda motor akan hilang.

Ketiga, jika ada kerusakan akibat perawatan yang dilakukan di luar AHASS. Atau dengan kata lain, jika kerusakan yang terjadi karena dilakukan oleh bengkel tidak resmi, maka pemilik sepeda motor tidak bisa melakukan klaim garansi. Hal ini karena mekanik di luar bengkel resmi yang melakukan perawatan belum teruji keahliannya.

Keempat, kerusakan dalam penggunaan yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam buku petunjuk. Setiap membeli sepeda motor baru dari dealer, pastikan mendapatkan buku panduan penggunaan. Bacalah dan pahami cara-cara penggunaan sepeda motor yang sudah tertera di dalamnya.

Selain penyebab diatas, garansi sepeda motor juga hangus karena tabrakan atau kecelakaan. Dan karena sepeda motor digunakan dalam perlombaan atau balapan. Juga melakukan modifikasi tanpa menggunakan Honda Genuine Parts (HGP) dan menggunakan bahan bakar maupun pelumas (oli) yang tidak sesuai.

Memofigikasi bagian kelistrikan juga bisa menghilangkan garansi sepeda motor. Modifikasi kelistrikan yang dimaksud misalnya memasang alarm motor atau lampu yang berbeda dari standar pabrikan. Karena itulah berhati-hatilah dalam memodifikasi sepeda motor jika tidak ingin garansi hangus.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like