4 Tips Packing Baju Dalam Koper Agar Muat Banyak

JogjaUpdate.com (30/5/17), Salah satu yang membuat malas untuk bepergian seperti traveling atau mudik lebaran adalah Packing baju dalam koper. Kelihatannya sih mudah, hanya memasukan baju-baju dan perlengkapan yang dibutuhkan ke dalam tas. Namun ternyata tidak semudah itu, apalagi dengan terbatasnya ukuran tas.

Mengoptimalkan kapasitas koper atau tas yang terbatas untuk muat banyak baju memang tidaklah mudah. Apalagi masih ada aksesoris atau perlenkapan lainnya yang harus dibawa saat traveling atau mudk lebaran. Untuk itulah, berikut ini ada beberapa tips packing baju dalam koper agar muat banya:

1. Buat Daftar Bawaan

Mungkin ini langkah yang terbilang kuno, namun percayalah cukup efektif. Buatlah daftar barang bawaan apa saja yang mau dibawa berpergian. Lalu kumpulkanlah barang-barang tersebut dan jejerkanlah sebelum dimasukan ke dalam koper. Lalu cermati lagi berapa banyak barang yang kamu bawa.

Pastikan kembali barang-barang yang kamu bawa sudah sesuai kepentingannya. Dan sudah sesuai dengan lamanya waktu bepergian kamu. Jangan sampai terlalu banyak membawa baju atau barang lainnya yang nantinya tidak akan kamu pakai di sana. Karena barang-barang ini cuma menghabiskan ruang dalam koper.

2. Tarung Barang Kecil Dalam Wadah Khusus

Jangan sepelekan barang-barang kecil, seperti aksesoris, kosmetik, pakaian dalam, kabel-kabel charger, atau dokumen penting lainnya. Pisahkan barang-barang tersebut sesuai dengan kategorinya, dan masukan dalam wadah-wadah khusus. Selain mempermudah pencarian, juga menghindari berceceran di dalam koper.

3. Lipat Atau Gulung?

Ada dua cara menyimpan baju dalam koper yang diperdepatkan saat ini, bagus dilipat atau digulung? Jawabannya adalah keduanya. Karena ada beberapa baju yang memang bisa menghemat tempat dengan cara digulung kecil, kaos misalnya. Pakaian lain seperti celana, syal, atau handuk juga bisa digulung.

Namun ada beberapa baju yang harus dilipat baik-baik, misalnya kemeja formal atau gaun untuk menjaga tidak kusut. Begitu juga dengan pakaian-pakaian yang mudah kusut, alangkah baiknya untuk dilipat saja. Sedangkan untuk pakaian yang berat, seperti jaket lebih baik dikenakan saat berangkat.

4. Optimalkan Area Dalam Koper

Melipat atau menggulung baju saja tidak cukup, kamu juga harus bisa mengoptimalkan peletakannya dalam koper. Coba beberpa posisi peletakan barang-barang kamu di dalam koper, cari mana yang paling banyak muat. Atau cari posisi seperti apa yang paling memberikan ruang ektra untuk barang lain ke dalam koper.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like