Tips Mudik Menggunakan Motor

Lebaran sudah diambang pintu. Sebentar lagi bakal terjadi arus massa besar-besaran dalam rangka mudik tentunya. Banyak pemudik yang menggunakan motor. Persiapan apa saja sih yang mesti dilakukan apabila mau mudik menggunakan motor? berikut tipsnya, dirangkum dari berbagai sumber.

-meggeliindonesia-

1. Cek Kondisi motor

Beberapa hari sebelum berangkat mudik. Kondisi motor harus dicek terlebih dahulu. service dan cek ban, rem, dan lain-lain. Supaya lancar tanpa masalah kendaraan.

2. Gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap

Gunakan Helm full face yang sesuai standart keselamatan Nasional. Jaket juga harus yang tahan angin,dan nyaman. Mengingat akan melakukan perjalanan jauh dan lama. Gunakan Sepatu yang nyaman. Lebih bagus lagi jika memakai sepatu touring. Sarung Tangan, pakailah yang menutupi seluruh jari tangan, agar tidak masuk angin. Pakailah masker, agar debu jalanan tidak masuk ke tubuhmu.

3. Packing Tas dengan benar

Apabila mudik dengan menggunakan motor, packinglah barang bawaan secukupnya saja. Meskipun mudik identik dengan bingkisan untuk keluarga di kampung. tapi bingkisan atau oleh-oleh untuk keluarga bisa menggunakan jasa ekspedisi. ingat, kenyamanan berkendara tetap nomor satu.

4. Bawa Raincoat

Mudik menggunakan motor harus bersiap terkena hujan. bawalah raincoat model jaket. agar handling motor tetap terjaga selama hujan lebat. tidak disarankan memakai raincoat model jubah. Warna raincoat juga penting untuk diperhatikan. Raincoat warna terang akan memudahkan pengendara lain memperhatikan laju kendaraan kita dan membuat lebih waspada.

5. Jam Tangan

Pakailah jam tangan untuk mengukur waktu tempuh kita. Normalnya setiap 2 jam kita diwajibkan istirahat sebentar. Badan manusia biasanya kecapekan setelah berkendara selama itu. Walaupun sudah ada Handphone, tidak disarankan untuk melihat ketika kendaraan melaju kencang.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like