Kenapa Makin Banyak Orang Beli Mobil Warna Putih?

JogjaUpdate.com (16/8/17), Ketika membeli mobil, setelah memilih tipenya adalah memilih warna bodynya. Dan kalau dilihat-lihat dijalan, sekarang semakin banyak orang beli mobil warna putih? Apakah cuma karena tren? Padahal beberapa produsen menarik harga lebih mahal untuk warna putih.

Menurut survei Carmudi Indonesia pada tahun 2016, 36% pemilik mobil baru di Indonesia memilih putih sebagai warna favoritnya. Dan ternyata di Eropa warna putih juga jadi favorit. Menurut yang muat Car Advice, warna putih menempati porsi sekitar 32, 59 persen untuk segemen mobil baru.

Ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa banyak orang memilih warna putih untuk mobil. Ada yang karena warna putih dianggap menurunkan resiko kecelakaan di jalan raya. Karena pengaruh faktor pencahayaan di malam hari yang membuat warna putih jadi lebih terlihat.

Menurut sebuah studi dari Monash University, Australia, yang dipublikasikan pada 2007 menemukan bahwa warna putih adalah yang paling jarang mengalami kecelakaan. Pusat Penelitian Kecelakaan di universitas itu meneliti 855.258 peristiwa kecelakaan di negara bagian Victoria dan Australia Barat antara 1987 hingga 2004 akibat faktor pencahayaan.

Dibandingkan warna putih, mobil warna hitam peluang kecelakaannya lebih besar 12%. Diikuti warna abu-abu 11%, silver 10%, kemudian merah dan biro 7%. Namun saat petang, resiko kecelakaan mobil hitam meningkat hingga 47% dibandingkan warna putih. Sedangkan warna silver lebih besar 15%.

Ada pula yang tertarik karena warna putih memantulkan seluruh spektrum cahaya matahari dan menolak panas. Sedangkan warna hitam menyerap sebagian besar spektrum cahaya dan panas. Banyak orang Amerika Serikat yang beranggapan demikian, dan merasakan mobilnya tetap sejuk saat musim panas.

Dan uniknya, mobil-mobil SUV yang bergaya offroad kini juga laris terjual dengan warna putih. Padahal warna putih ini sangat mudah kotor, dan jika sudah demikian akan membuat mobil tampak kumuh. Namun ternyata banyak yang malah memanfaatkan kondisi ini agar semakin rajin membersihkan dan merawat mobilnya.

Warna putih juga tidak lagi dianggap kalem, karena malah dianggap mampu menampilkan aura yang berbeda pada mobil. Beberapa mobil seperti SUV maupun sportcar bisa menjadi lebih garang namun bisa juga lebih elegan. Selain itu untuk dimofikas juga lebih mudah, hanya menempelkan sedikit sticker akan tampak lebih berbeda.

Nah ternyata banyak juga kan kelebihan dari mobil warna putih, bukan cuma sekedar tren saja. Jadi tidak heran jika banyak orang membeli mobil berwarna putih dibanding lainnya. Karena banyak peminatnya juga, maka harga jual bekasnya pun lebih tinggi dibanding warna lainnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like