7 Wisata Alam Jogja Yang Sedang Hits

JogjaUpdate.com (30/01/17), Jogja yang dikenal dengan Kota Wisata menyajikan beragam obyek wisata. Tidak hanya kaya akan wisata budaya yang ada, namun juga beragam Wisata Alam. Beragam Wisata Alam Jogja siap memanjakan liburan kamu. Berikut ini ada beberpa Wisata Alam Jogja yang tengah ngehits:

1. Kalibiru

Aslinya tempat ini merupakan garpu pandang di atas hutan pinus Perbukitan Menoreh, namun kini lagi hits. Foto-foto di Kalibiru ini menjadi hits di media sosial dengan pemandangan alam khasnya. Disni kamu bisa mendapatkan foto dengan latar belakang hutan pinus dan Waduk Sermo.

Lokasi Kalibiru ini mudah untuk dikunjungi, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Kamu bisa menuju Jalan Jogja-Wates, setelah sampai Kota Wates ambil jalur ke Waduk Sermo. Setelah itu kamu akan menemukan petunjuk jalur ke Desa Wisata Kalibiru. Untuk lebih jelas kamu bisa melihat kordinat lokasinya di sini.

Mau sendiri atau berdua . Foto di @kalibiru pakai fotografer @kalibirumemotret tetap nice

A photo posted by KALIBIRU memotret ? photowork (@kalibirumemotret) on

 

2. Green Village Gedangsari

Dahulu kala wilayah Gunungkidul dikenal tandus dan kekeringan, namun kini berbeda. Beragam wisata alam Jogja berada di daerah ini, salah satunya Green Village Gedangsari yang menyajikan pemandangan hamparan bukit hijau. Berlokasi di perbatasan DIY dengan Klaten, tempat ini cocok bagi pencari sunset dan tempat hunting foto.

Untuk Menuju Green Village Gedangsari ini sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Kamu bisa melalui rute Jalan Jogja-Wonosari, sampai Sambipitu ambil kiri jalan Sambipitu-Nglipar. Kemudian ambil kiri lagi kearah Kecamatan Gedangsari, lalu terus ke Utara. Untuk lebih jelas kamu bisa lihat kordinat lokasinya di sini.

3. Telaga Biru

Nama Telaga Biru tengah naik daun di Jogja, dengan manjanjikan keindahan alamnya. Warga sekitar sering menyebutnya dengan Banyu Biru Candirejo. Lokasi ini sebenarnya bekas tambang batu putih yang membentuk cekungan-cekungan. Karena terisi air hujan, cekungan-cekungan ini akhirnya menjadi kolam-kolam.

Lokasi Telaga Biru ini ada di Dusun Ngemplak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Dari Kota Yogyakarta kamu menuju Kota Wonosari melalui Jalan Jogja-Wonosari, kemudian ambil jalur Karangmojo. Sampai di Karangmojo kamu bisa ambil kiri masuk jalur ke Semin. Untuk lebih jelas kamu bisa lihat kordinat lokasinya di sini.

 

4. Kedung Pedut

Mencari tempat wisata yang sejuk dan menyegarkan? Kedung Pedut solusinya, berlokasi di Kulonprogo yang kini tengah ramai dibicarakan. Disini kamu bisa menikmati keindahan air terjur dan kesejukan alam sekitar. Selain itu di sekitaran Kedung Pedut ini kamu juga bisa menemukan beragam air terjun, seperti Air Terjun Kembang Soka dan Grojogan Mudal.

Lokasi Kedung Pedut ini berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Untuk menuju lokasi dari Kota Yogyakarta kamu bisa mengambil Jalan Godean menuju Nanggulan, terus saja mengambil arah Goa Kiskendo. Sesampainya di Goa Kiskendo kamu bisa ambil kiri dan berurutan kamu bakal memenemui Gerojokan Mudal lalu Air Terjun Kembang Soka, baru kamu sampai Kedung Pedut. Untuk lebih jelas kamu bisa lihat kordinat lokasinya di sini.

#kedungpedut

A photo posted by @teguhsuprayogi on

 

5. Bukit Kosakora

Berbeda dengan lokasi-lokasi diatas, Bukit Kosakora ini menawarkan pemandangan laut lepas dari atas bukit. Dengan ketinggian 50mdpl, kamu bisa menikmanit pemandangan laut lepas dan Pemandangan patai Drini. Bukit Kosakora ini menjadi tempat yang laris untuk berfoto-foto dan dipajang di Instagram.

Untuk mencapai lokasinya, jalur yang ditempuh cukup menantang. Kamu bisa menuju Pantai Drini yang berlokasi di Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul. Dari Pantai Drini kamu menyusuri jalan kaki sejauh kurang lebih 2 Km ke arah Timur untuk naik ke Bukit Kosakora ini. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat kordinat lokasinya di sini.

Hiduplah Indonesia Raya !!! #indonesia #gunungkidul #beach #kosakora

A photo posted by Bani Rabit (@banirabit) on

 

6. Tebing Breksi

Seperti Telaga Biru, Tebing Breksi ini sebenarnya bekas dari penambangan batu putih. Namun kini Tebing Breksi ini malah menjadi tempat wisata alam yang menawarkan keindahan tebing-tebing batu. Tebing Breksi ini ramai digunakan sebagai background foto-foto yang bertebaran di media sosial. Selain itu disediakan pula kursi-kursi dari semen untuk duduk dan menikmati keindahan Matahari terbenam.

Dari Kota Yogyakarta, kamu bisa menempuh Jalan Jogja-Solo kearah Candi Prambanan. Sampai di Candi Prambanan ambil arah Kanan (Selatan) melalui Jalun Piyungan menuju Ratu Boko. Lalu mengambil jalan arah Candi Ijo, lokasi Tebing Breksi ini berada di kiri jalan sebelum Candi Ijo. Atau kamu bisa mengambil jalur Jogja-Wonosari sampai di Piyungan ambil Kiri menuju Ratu Boko. Untuk lebih jelas kamu bisa melihat kordinal lokasinya di sini.

waiting for a miracle~ – –

A photo posted by Nanash.. (@nashwadill_aa) on

 

7. Grojokan Lepo

 

Untuk lokasi-lokasi Wisata Alam Jogja diatas berlokasi di Gunungkidul dan Kulonprogo, kini kita beralih ke Bantul. Di Bantul ada Grojokan Lepo yang menawarkan keindahan air terjun berundak. Diundakan pertama memiliki kedalaman sekitar 2 meter, sehingga banyak dimanfaatkan untuk berenang. Untuk yang tidak bisa beremamg bisa bermain air diundakan kedua atau ketiga yang lebih dangkal.

Grojokan Lepo ini berada di dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, atau sebelah Timur Kebun Buah Mangunan. Untuk menuju lokasi, kamu bisa menempuh Jalan Imogiri Barat mengambil arah Mangunan. Kemudian ambil arah Pasar Dlingo menuju Dusun Pokoh, lalu ikuti papan petunjuh arah yang telah tersedia. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat kordinal lokasinya di sini.

… #waterfall #airterjunlepo #mangunan #bantul #jogja #22januari2017

A photo posted by Bingah Inawati (@bingah_inawati) on

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like