5 Cara Memperkuat Daya Ingat

JogjaUpdate.com (8/7/17), Bertambahnya usia yang semakin lanjut kadang memperngaruhi daya ingat seseorang. Banyak yang telah memasuki usia paruh baya mulai mengalami penyakit demensia, atau penurunan daya ingat. Lalu bagaimana caranya memperkuat daya ingat, agar mengurangi dampak demensia?

Yang paling berperan penting dalam daya ingat adalah kinerja otak. Banyak penelitian yang menemukan bagaimana cara kerja otak dan cara menjaganya agar tetap sehat. Berikut ini ada 5 cara utuk dapat memperkuat daya ingat yang bisa kamu lakukan:

1. Makanan Sehat

Asukan gizi dari makanan sangatlah penting bagi kesehatan maupun penunjang kinerja otak. Makanlah makanan sehat seperti sayuran, ikan, telur, minyak kelapa dan buah-buah. Hindari juga makanan olahan dan kemasan sebisa mungkin. Juga batasi konsumsi daging merah, gula dan alkohol.

2. Olahraga

Olahraga tidak hanya membuat badan sehat namun masih banyak manfaat penting lainnya. Dan semua olahraga pastinya memiliki manfaat positif bagi tubuh. Walaupun sekedar lari atau berjalan saja, bisa berdampak baik bagi peredaran darah yang ujungnya pada kesehatan.

3. Bersosialisasi

Menjalin hubungan komunikasi dengan orang lain ternyata berdampak baik juga bagi otak. Baik seceara tatap muka langsung atau tidak, akan bagus untuk kinerja otak. Mereka yang memiliki jejaring sosial kuat mengalami demensia yang lebih rendah.

4. Cukup Tidur

Tidur adalah salah satu kegiatan yang penting, namun sering dilupakan orang. Ketika tidur, otak melakukan pengegaran dan akan kembali jernih. Penelitian menunjukan tidur 7 hingga 9 jam setiap hari akan berdampak postif pada otak.

5. Tantang Otak

Sebuah petuah tua menyebutkan “gunakan atau kehilangan”, hal ini berlaku untuk otak. Bila rajin mengguankannya untuk mengingat dan fungsi kognitif lainnya, akan bisa mencegah penurunan fungsinya. Membaca, bermain puzzle, bekerja, dan belajar hal baru adalah cara terbaik untuk menjaga fungsi dan kinerja otak.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like