Guru SMA Ini Temukan Cara Membuat Telur Asin 1 Jam

JogjaUpdate.com (12/9/17), Seorang Guru dari SMAN 1 Plupuh, Sregen menemukan cara membuat telur asin dalam waktu cepat. Adalah Joko Susilo,43, berhasil membuat terobosan baru yang mempersingkat proses pembuatan telur asin. Tidak hanya itu, telur asin yang dibuatnya juga bisa bertahan lebih lama.

Metode baru yang dibuat guru mata pelajaran Kimia ini diklaim sangat aplikatif, seta tepat guna bagi para pengusaha telur asin. Formula karya Joko Susilo ini telah diikut sertakan dalam sejumlah lomba. Dan belum lama ini ia menyabet juara utama lomba Krenova tingkat Jawa Tengah.

Menurut yang dimuat HarianJogja.com (12/9/17), Guru SMAN 1 Plupuh ini menjajikan formula pembuatan telur asin selama tiga jam. Metode yang digunakannya dengan memanipulasi tekanan osmotik. Formulanya ini telah dipresentasikan dan diuji oleh 10 juri lomba Krenova Jawa Tengah.

Inovasi guru ini tidak berhenti hanya utuk perlombaan saja, ia kembali menyempurnakan formula rumusannya. Alhasil Joko berasil memangkas lagi waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan telur asin. Dari yang awalnya membutuhkan waktu 3 jam, kini ia bisa membuat telur asin hanya dalam waktu satu jam saja.

Seperti diketahui, cara membuat telur asin konvensional membutuhkan waktu 14 hari. Ia bisa memangkas waktu pembutan ini dengan memanipulas konsentrat dan perubahan suhu seperti dalam materi pelajaran. Caranya dengan manipulasi osmonik yang memaksa kadar air keluar, dan secara bersamaa kadar garam konsentrasi tinggi dimasukan.

Tidak hanya waktu yang dipangkas, daya tahan atau keawetan telur asin pun bertambah. Bila biasanya telur asin konvensional hanya mampu bertahan selama dua minggu saja, dengan motede Joko ini bisa bertahan lebih dari sebulan. Hal ini dikarenakan kadar air yang relatif lebih sedikit, sehingga mikro organisme tidak cepat berkembang.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like