Tutorial Cara Membuat Ketupat Dengan Mudah

JogjaUpdate.com (22/6/17), Apa sih yang selalu ada di setiap Lebaran tiba? Mudik, kumpul dengan keluarga, silaturahmi, maaf-memaafkan, pastinya ada ketupat lengkap dengan lauk lainnya. Ketupat biasanya dibuat sendiri, namun kadang simpelnya membeli yang sudah jadi. Karena sudah banyak yang menjual, mungkin kamu tidak tahu cara membuat ketupat.

Dulunya membuat ketupat ini merupakan keahlian yang sudah biasa dan hampir semua orang bisa membuatnya. Kegiatan membuat ketupat ini lumrah dilakukan menjelang lebaran. Dan biasanya setela dimasak, ketupat ini menjadi makanan pokok yang ada di saat lebaran dengan ditemani opor ayam.

Namun bisakah kamu membuat ketupat? Atau setidaknya membuat anyaman ketupat yang berbahan dari daun kelapa atau lontar? Berikut ini ada video tutorial cara mudah membuat ketupat dari channel Youtube Cara Membuat Ketupat. Langsung saja simak video berikut ini jika mau belajar membuat ketupat:

 

Ternyata bentuk dan jenis ketupat tidak hanya itu-itu saja. Ada beragam jenisnya, seperti bentuk ketupat bawang dan masih banyak lainnya seperti berikut ini:

 

Nantinya setelah anyaman ketupat dari janur atau lontar ini jadi, akan diisi dengan beras kemudian dimasak. Biasanya diisi dengan beras sampai setengah atau hingga 3/4 ketupat. Hal ini karena untuk mengantisipasi beras yang mengembang saat dimasak menjadi nasi nantinya.

Untuk memasak ketupat, memang diperlukan waktu yang lebih lama dibandingkan memasak nasi biasa. Ketupat ini dimasak dengan cara direbus selama lima jam biar benar-benar masak sampai dalam dan tahan lama. Setelah lima jam, ketupat bisa langsung diangkat dan ditiriskan hingga kering.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like