Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mengenali Aki Rekondisi

JogjaUpdate.com (13/02/2019) Sebagai bagian yang penting di kendaraan, harga aki tidaklah murah. Jika mahal, solusinya bukan menggantinya dengan aki rekondisi yang tersedia di pasaran.

Aki baru yang original dapat dipastikan ketangguhannya dan garansi yang dimilikinya. Karena itu disarankan jika mengganti aki pilihlah yang baru dan original.

Baca Juga : Pentingnya Merawat Aki Kendaraan, Termasuk Di Musim Hujan

Mengingat pentingnya aki untuk menyediakan dan menyimpan semua kebutuhan listrik yang ada di kendaraan, jangan sembarangan memilih aki.

Lalu bagaimana caranya membedakan aki yang kita beli adalah aki rekondisi atau bukan? Karena memang tak mudah membedakan kedua barang ini.

Menurut yang dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, cara membedakan paling mudah adalah dengan melihat harganya.

Pasalnya harga aki baru mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Jika menemukan aki yang dijual dengan harga yang tak wajar, harus mewaspadainya.

Baca Juga : Jangan Malas Lap Mobil Setelah Terguyur Air Hujan, Atau Hal Ini Yang Terjadi

Lalu ketika hendak membeli akin perhatian cek kutup, cover, dan warna permukaannya. Perhatikan kondisinya apakah seperti baru atau tidak.

Jika ditemukan goresan di kutubnya, covernya menggelembung, serta warnanya yang telah berganti menjadi lebih pudar maka perlu dicurigai.

Selain itu, Perhatian terkait garansi aki. Garansi aki biasanya ditawarkan oleh produsen sekitar satu tahun. Jika kurang dari satu tahun, perlu diwaspadai.

Suzuki Indonesia juga mewanti-wanti untuk tidak memakai aki rekondisi karena banyak resiko yang membahayakan bagi kendaraan.

Baca Juga : Buat Pengguna Mobil Matic, Ini Tips Hemat BBM

Itulah cara mengenali aki rekondisi yang bisa saja ditemukan di berbagai tempat. Pastikan gunakan aki yang original dan bergaransi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like