Tips Pintar Mengelola Bonus Tahunan

JogjaUpdate.com (10/6/17), Bonus adalah bentuk apresiasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya yang telah kerja keras. Pasti setiap karyawan mendamba-dambakan untuk mendapatkannya, bonus tahunan misalnya. Dan jika bisa mengelola bonus tahunan ini dengan baik, akan sangat banyak manfaatnya.

Berikut ini ada beberapa tips pintar dalam mengelola bonus tahunan dari The Every Girl, agar tidak lenyak begitu saja:

1. Tabungan

Mulailah dengan membuat tabungan khusus ketika mendapatkan bonus, terlebih jika dalam jumlah besar. Hal ini bisa membantu ketika suatu waktu berada dalam keadaan darurat. Karena tidak ada yang bisa menjamin maupun menprediksi hal buruk datang. Dan tidak ada yang bisa menjamin kamu selalu sehat dan bekerja di lingkungan yang sekarang.

2. Dana Pendidikan

Bagi yang sudah menikah, mulailah memikirkan dana pendidikan bagi anak yang akan dibutuhkan di masa mendatang. Meskipun masih bayi, harus sudah dipikirkan dan menabung untuk biaya pendidikan mereka kelak. Apalagi biaya pendidikan dari tahun ke tahun yang semakin meningkat.

3. Membeli Barang Impian

Apabila selama ini mempunyai keinginan membeli barang-barang baru yang harganya cukup mahal, manfaatkan bonus yang di dapat. Mungkin kamu bisa membeli mobil baru, barang elektronik atau pun perabotan rumah tangga tanpa mengganggu keuangan yang sudah di plot bulanannya.

4. Investasi

Apabila kamu adalah orang yang senang dengan tantangan, bisa memulai investasi untuk meningkatkan kebebasan finansial. Bisa dengan berinvestasi di luar asuransi, seperti properti atau beberapa bisnis yang menjanjikan. Siapa tahu dari bonus ini bisa berlipat-lipat hasilnya kelak.

5. Investasi pribadi

Diri kamu adalah harta yang sangat berharga dikemudian hari. Mulailah menginvestasikan diri dengan meng-upgrad kemampuan baru di luar keahlian yang sekarang. Bonus tahunan yang didapat bisa dimanfaatkan untu membeli buku-buku, mengikuti seminar dan workshop, atau kursus dengan para ahlinya.

6. Kegiatan Sosial

Berbagilah denga orang lain, karena masih banyak orang lain yang tidak seberuntung kamu. Kamu bisa gunakan bonus yang diperoleh untuk berbagai kegiatan sosial yang membantu orang yang membutuhkan. Tidak ada salahnya membantu orang lain, malah banyak kebaikan yang akan kamu terima nantinya.

7. Liburan

Setelah usaha kerasmu selama ini menuai keberhasilan, saatnya untuk bersenang-senang memanjakan diri. Gunakan bonus yang didapat untuk berlibur tanpa harus memikirkan pekerjaan dan kantor. Bisa jalan-jalan sendiri atau dengan orang-orang terkasih, karena mereka juga harus merasakan hasil kerja keras kamu selama ini.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like