4 Tips Berhemat Saat Puasa

JogjaUpdate.com (21/05/18), Secara teori, saat puasa kita akan menghemat pengeluaran untuk makan. Karena tidak makan dan minum dari pagi hingga waktunya buka. Namun pada praktiknya, bukannya berhemat saat puasa malah makin banyak pengeluaran.

Baca: Tanda-Tanda Orang Pelit, Bukan Hemat

Coba kamu hitung-hitung lagi, saat puasa seperti ini lebih banyak pengeluarannya atau tidak? Jika lebih banyak, sebaiknya kamu berhemat. Berikut ini, ada 4 tips berhemat saat puasa:

1. Jauhi godaan

Ketika masa-masa puasa seperti ini, banyak yang menyajikan takjil dan makanan untuk berbuka. Dari mulai pinggir-pinggir jalan raya, hingga perkampungan. Tidak heran banyak yang tergoda untuk membelinya, bahkan tidak cukup satu atau dua. Banyak yang memborong.

Padahal ketika berpuasa, dituntut untuk menahan nafsu termasuk nafsu makan. Apakah saat berbuka langsung menjadi ajang melampiaskannya? Sebaiknya, belilah takjil atau makanan untuk berbuka secukupnya saja. Tidak perlu memborong semuanya.

Baca: Tips Agar Tidak Mudah Lapar Saat Puasa

2. Bikin budget

Jika ingin membeli makanan untuk berbuka dan sahur, sebaiknya tentukan budgetnya lebih dahulu. Bisa dengan planning budget sebulan, atau perharian. Planning ini akan memaksamu untuk tetap berhemat dan membelanjakan sesuai dengan budget.

3. Uang cash

Setelah menentukan budget, bawa uang cash secukupnya saja sesuai budget. Usahakan tidak menggunakan kartu kredit atau debit, karena beresiko melebihi budget. Selain itu, jika membeli takjil atau makanan di pinggir jalan belum tentu pedagangnya menerima pembayaran selain cash.

4. Gunakan catatan atau aplikasi keuangan

Salah satu kunci sukses berhemat adalah pencatatan keuangannya. Kamu bisa melacak ke mana saja uang kamu pergi, lalu mengevaluasi untuk hari esok. Jika kamu anak kekinian yang malas mencatat di kertas, ada banyak aplikasi keuangan yang bisa digunakan.

Baca: Tutorial Cara Membuat Ketupat Dengan Mudah

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like