Tips Sederhana Mengusir Serangga Dari Rumah

JogjaUpdate.com (16/6/17), Kehadiran serangga dirumah memang menjengkelkan, dan membuat risi. Entah dari mana datangnya, serangga seperti laba-laba, kecoa, semut, atau nyamuk selalu mengganggu. Berbagai macam cara pun digunakan untuk mengusir serangga dari rumah.

Paling gampang memang dengan langsung mengambil obat semprot atau racun serangga. Namun jika bisa mengusir dengan cara alami, alangkah baiknya tidak menggunakan cara berbahaya. Berikut ini ada beberapa cara sederhanya yang efektif mengusir serangga dari rumah yang dirilis The List:

1. Minyak Kayu Manis

Campuran antara minyak kayu manis dengan air dapat membantu untuk mengusir serangga yang akan masuk ke dalam rumah. Esensial kayu manis akan menggangu sistem saraf beberapa jenis serangga seperti semut. Semprotkat minyak ini, maka semut akan menyingkir dengan sendirinya tanpa racun berbahaya.

2. Cuka

Menurut Russell Hedland, seorang pemilik perusahaan pengendali hama di Las Vegas, campuran cuka dengan air akan sangat ampuh mengusir hama dan semut. Karena aroma yang ditimbulkan oleh cuka ini tidaklah disukai oleh semut. Semprotkan campuran cuka ini, dan semut akan menghindarinya.

3. Ampas Kopi

Jangan langsung buang ampas kopi hasil seduhan, karena bisa berfungsi untuk mengusir serangga. Ampas kopi ini bisa menghilangkan aroma benda yang dituju serangga seperti semut. Ampas kopi juga bisa digunakan sebagai obat nyamuk alami. Dengan mengeringkannya sampai benar-benar kering, lalu dibakar.

4. Periksa Tempat Tidur

Suhu lembab di bawah kasur merupakan tempat kegemaran serangga-serangga kecil. Perikasalah bagian bawah tempat tidur ini secara rutinm dan bila perlu bersihkan. Rutin-rutinlah mengganti seprai, menjemur bantal, dan menutup celah-celah kecil tempat keluar masuk serangga.

5. Bersihkan Dapur

Tempat favorit lainnya bagi serangga adalah dapur, karena banyak sisa-sisa makanan yang bisa mereka makan. Menjaga kebersihan dapur dapat membantu mencegah datangnya serangga ke rumah. Jangan lupa untuk rutin membuang sampah sisa makanan dan sisa memasak di dapur.

6. Periksa Kelembapan

Tempat lembab adalah kegemaran bagi para serangga berdian, bahkan beranak pinak. Pastikan kamu menjaga selalu suhu ruangan dan tingkat kelembapannya. Kamu bisa juga memanfaatkan campuran baking sodan dengan beberapa tetes minyak esensial di permukaan kasur. Baking soda ini bekerja dengan baik dalam menyerab kelembapan di ruangan tersebut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like