Tips Memilih Karpet Sesuai Jenis Ruangan

JogjaUpdate.com (15/7/17), Karpet salah satu barang yang sering ada di rumah maupun kamar. Karpet tidak hanya berguna sebagai alas atau pelapis lantai saja, namun juga berguna sebagai penghias ruangan. Karena itulah dalam memilih karpet jangan asal-asalan, karena akan mempengaruhi suasana ruangan.

Karpet ini memiliki banyak pilihan dari motif, ketebalan, luas, hingga bahan yang digunakannya. Pemilihan karpet ini juga akan mempengaruhi kesan ruangan tersebut, apakah elegan atau menjadikan terasa sesak dan sempit. Karena itulah, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih karpet sesuai jenis ruangan seperti yang dirilis Rumah.com:

1. Ruang Tamu

Untuk menghiasai ruang tamu yang ingin memiliki kesan luas, pilihlah karpet yang luas. Pilih karpet yang bisa menutupi lantai ruangan. Dan jika ingin meletakan sofa di atas karpet, berikan sisa lebar setidaknya 6 inci di setiap sisinya. Ini Bisa memberikan penampilan ruangan yang lebih rapi.

2. Ruang Makan

Untuk ruang makan, pastikan pilih karpet dengan bentuk yang nampak jelas dilihat dari kejauhan. Misalkan seperti bentuk kotak, segi panjang atau lingkaran. Namun bila ingin menutupi seluruh ruangan dengan karpet, sebaiknya mempertimbangkan keseimbangan kursi makan. Karena kursi tidak bisa berdiri dengan sempurna di atas permukaan karpet.

3. Kamar Tidur

Ranjang adalah titik utama dalam kamar tidur, dan sekelilingnya menjadi tempat paling pas untuk meletakan karpet. Selain membuat ruang lebih luas, Anda juga memanjakan kaki untuk memijak lantai yang lembut di pagi hari. Apabila ingin menggelar karpet di bawah kasur, sisakan lebar sekitar 18-24 inci di setiap sisinya.

4. Pintu Masuk

Karpet atau keset juga pas untuk diletakan di area pintu masuk untuk membersihkan kaki dari luar ruangan. Pilih yang bentuknya sesuai dengan komposisi ruangan, seperti lingkaran, segi panjang, maupun segi empat. Jangan lupa untuk mengecek ketebalan karpet supaya pintu bisa dibuka tutup dengan mudah.

Baca: cara tepat membersihkan karpet

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like