Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Lawan Polusi Udara di Dalam Rumah

JogjaUpdate.com (28/08/2019), Polusi udara selalu dikaitkan dengan udara kotor yang mengganggu pernapasan. Tak selamanya ada di luar ruangan, ternyata bisa juga polusi udara di dalam rumah.

Tak selamanya udara di dalam rumah bersih jauh dari racun yang mengganggu kesehatan dan pernapasan. Bisa jadi malah tak kalah kotornya dari luar.

Ada beragam penyebab polusi udara bisa di dalam ruangan. Namun tenang, pasti ada cara untuk menangani masalah semacam ini.

Baca Juga : 7 Cara Akali Ruang Sempit

Bagaimana cara mengatasi polusi udara ini? Berikut ini 5 cara lawan polusi udara di dalam rumah yang bisa kamu lakukan.

1. Rajin bersih-bersih rumah

Kebersihan jadi pokok kunci mengatasi masalah polusi udara di dalam ruangan. Bersihkan rumah hingga dekorasi dan perabotan dari debu dan kuman.

Jangan sampai debu menumpuk di dekorasi, terlebih lagi di sela-selanya. Tidak lupa karpet lantai, gorden, hingga keset untuk dibersihkan.

2. Hadirkan tanaman dalam ruangan

Salah satu cara untuk menjernihkan udara dalam ruangan adalah dengan tanaman. Beberapa jenis tanaman akan menghisap udara kotor mengolahnya menjadi segar.

Beberapa tanaman yang terkenal ampuh seperti lidah mertua, peace lily, sirih gading, dan sri rejeki sering dijadikan hiasan ruangan.

Lidah Mertua
Lidah Mertua

3. Sirkulasi udara

Pastikan sirkulasi udara dari ventilasi lancar. Sehingga udara dalam ruangan yang kotor berganti udara segar. Jika perlu sediakan exhaust fan.

Tempat yang menghasilkan asap seperti dapur sebaiknya memiliki penghisap udara keluar. Selain menghilangkan bau tak sedap juga menggantikannya dengan udara segar.

4. Tidak merokok di dalam ruangan

Pastinya asap rokok berisi banyak kotoran dan racun yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu jangan merokok di dalam ruangan agar tidak mengenai penghuni rumah.

5. Kurangi produk aerosol

Beberapa produk aerosol seperti parfum, pengharum ruangan, deodoran spray memang ampuh melawan bau tidak sedap. Tapi ternyata malah menyumbang polusi udara.

Mulailah kurangi pemakaian produk-produk aerosol untuk mengurangi polusi udara di dalam ruangan. Gunakan jika memerlukan saja.

Baca Juga : Tak Hanya Kurangi Polusi, Ini 4 Manfaat Lain Lidah Mertua

Itulah 5 cara melawan polusi udara di dalam rumah yang cukup mudah ini. Selamat mencoba!

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like