5 Perangkat Elektronik di Rumah Yang Bisa Bikin Tagihan Listrik Tinggi

JogjaUpdate.com ~ Listrik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia dalam beraktivitas. Namun karena butuhnya, banyak yang tidak bisa menghemat listrik. Padahal semakin banyak kita pakai, semakin tinggi pula tagihan listrik yang harus dibayar.

Barang-barang atau peralatan elektronik di rumahlah yang ikut andil dalam tingginya tagihan listrik. Berikut ini ada beberapa barang atau peralatan ekeltronik di rumah yang bisa membuat tagihan listrik tinggi:

1. Lampu
Walaupun terlihat sepele, namun lampu penerangan dirumah juga menarik daya listrik yang tidaklah sedikit. Apalagi lampu yang digunakan menerangi setiap sudut rumah bukan lampu hemat energi seperti LED.

Baca juga:
Tips Berhemat, Manfaatkan Dua Rekening Bank
Membuat Ruang Keluarga Jadi Lebih Nyaman
Cara Ngepel Lantai Keramik Agar Selalu Mengkilat
Warna Kamar Pengaruhi Kualitas Tidur

2. Setrika
Setidaknya untuk menyalakan setrika membutuhkan daya listrik cukup besar, atau sekitar 300 watt. Bijaklah dalam menggunakan setrika, siasati dengan menyetrika dalam jumlah besar namun dengan intensitas jarang.

3. Mesin pompa air
Sama halnya dengan sterika, mesin pompa air listrik juga membutuhkan daya besar ketika menyalakannya. Bahkan untuk penggunaannya mesin pompa air listrik membutuhkan daya sekitar 600 watt. Hematlah air agar tidak sering-sering menyalakan mesin pompa air listrik.

Baca juga:
Cara Sederhana Mengatasi Ular Masuk Rumah
5 Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Nyaman
Mau Mengajukan KPR? Perhatikan 5 Hal Ini
6 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghemat Listrik

4. Alat masak elektronik
Ada beberapa alat masak elektronik yang menggunakan daya besar, seperti kompor listrik dan microwave. Alat masak seperti ini memang praktis, namun bakal membuat tagihan listrik membengkak. Sebagai contoh, microwave membutuhkan daya sekitar 800 watt.

5. AC
Pendingin ruangan atau AC salah satu penyumbang tingginya tagihan listrik. Seperti diketahui, AC membutuhkan daya besar ketika dinyalakan. AC menggunakan daya listrik yang sangat tinggi, bisa diatas 600watt. Bahkan yang hemat daya pun masih cukup tinggi, sekitar diatas 300 watt. (121117/21)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like