Tips Menekan Biaya Pernikahan Agar Terjangkau Namun Berkesan

JogjaUpdate.com (24/04/18), Tidak sedikit mengurungkan niatnya untuk segera menikah karena alasan biaya. Ada yang tidak ingin menekan biaya pernikahan karena takut tidak berkesan. Ada yang sampai rela berutang untuk menggelar pesta pernikahan.

Baca: Mau Nikah? Ini Daftar Tanggal Cantik Di Tahun 2018

Tidak dipungkiri biaya pernikahan dari tahun ke tahun terus meningkat. Dari sewa gedung dan harga catering yang makin naik, hingga biaya lain-lainnya. Maka dibutuhkanlah tips dan trik untuk menekan biaya pernikahan agar bisa terjangkau namun tetap berkesan. Simak berikut ini:

1. Segera selesaikan urusan administrasi, dari kependudukan atau catatan sipil. Terutama bagi pasangan yang berbeda daerah karena bakal mondar-mandir untuk mengurus administrasi. Semakin sering mondar-mandir semakin banyak biaya perjalanan yang harus dikeluarkan.

2. Matangkan konsep acara jauh-jauh hari, mau pesta besar atau sederhana. Termasuk akan menggunakan acara adat atau tidak. Bahas bersama pasangan terlebih dahulu, baru presentasikan kepada kedua belah keluarga. Ini akan memudahkan nantinya dalam menyusun anggaran.

3. Setelah menentukan hari pelaksanaan segera menyusun anggaran dan urus ketersediaan tempat. Bersama menyusun anggaran tentukan jumlah undangan, karena terkait dengan biaya. Sesuaikan tempat, jumlah undangan dengan konsep yang telah disepakati diatas.

Baca: Mau Nikah? Ini Tren Pernikahan 2018

4. Batasi jumlah undangan untuk mengurangi biaya konsumsi. Diskusikan dengan keluarga kalau kalian dana terbatas, atau ingin menciptakan susasa pernikahan yang lebih hangat dan intim. Undang keluarga dekat dan kerabat dekat, juga teman-teman yang benar-benar dekat saja.

5. Jika biaya sewa gedung pernikahan terlalu mahal, banyak alternatifnya. Dari halaman rumah, gedung balai desa atau lapangan kampung bisa dimanfaatkan. Kamu cukup menambahkan tenda dan perlengkapan pendukung lainnya yang pastinya lebih murah dari sewa gedung pernikahan.

6. Membuat sepasang baju pengantin dan keluarga pendamping cukup mahal. Tidak ada salahnya menyewa atau meminjam, apalagi baju tersebut hanya dipakai satu kali saat acara itu saja. Kalau mau ngirit sewa saja, atau meminjam keluarga yang punya.

Baca: Inilah Tanda-Tanda Seseorang Sudah Siap Nikah

7. Jika memang ingin membuat baju pengantin dan seragam untuk keluarga, persiapkan jauh-jauh hari. Cari bahan di sekitaran bukan Maret hingga Juni, karena di bulan-bulan tersebut harga bahan cenderung turun. Jangan membeli bahan menjelang hari besar, karena harganya cenderung naik.

8. Bila kamu tidak ingin ribet-ribet dalam persiapan pesta pernikahan, kamu bisa memakai paket pernikahan. Biasanya harga paket lebih muruah dibanding kalau kamu mempersiapkan satu persatu. Biasanya sepaket catering, dekorasi, dokumentasi, rias, dan pakaian.

9. Tetaplah kreatif, karena banyak hal kecil yang bisa kamu irit untuk menekan biaya pernikahan. Dari desain undangan, suvenir, pengisi acara, hingga dekorasi. Berfikirlah untuk lebih tepat guna dari pada sekadar memberikan kesah mewah.

Nah, itu tadi sejumlah tips dan trik untuk menekan biaya pernikahan agar lebih terjangkau. Yang tidak boleh ketinggalan adalah tetap komunikasikan dengan pasangan dan kedua belah keluarga.

Baca: Benarkah Pasangan Yang Berjodoh Wajahnya Mirip?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like