Selain Minta Naik Gaji, Ini Tips Meningkatkan Penghasilan

JogjaUpdate.com (03/07/2019), Seberapa banyak uang kadang tak akan cukup untuk memenuhi keinginan seseorang. Gaji besar, namun tetap saja merasa kurang. Bagaimana caranya meningkatkan penghasilan.

Cara paling mudah memang meminta naik gaji atau naik jabatan ke atasan. Namun cara ini tidaklah mudah, kamu harus membuktikan diri kamu layak.

Minta naik gaji juga tak bisa diaplikasikan jika kamu usaha sendiri, atau jadi bos. Mau minta gaji naik ke siapa coba, kalau kamu sendiri bosnya.

Baca Juga : 4 Zodiak Ini Ternyata Paling Jago Mengatur Keuangan

Namun kamu tidak boleh patah semangat, karena masih ada cara-cara lain yang dapat ditempuh. Berikut ini 3 tips meningkatkan penghasilan tanpa harus meminta naik gaji.

1. Cari tambahan sampingan

Lihat aktivitas dan jam kerja kamu, masihkah ada waktu luang yang bisa gunakan untuk menggarap pekerjaan lain. Jika ada kamu bisa mengambil side-job atau pekerjaan sampingan.

Bisa dari jualan online, membuat kerajinan, hingga cari proyekan di luar pekerjaan utama. Pekerjaan sampingan ini jelas bakal menambah pundi-pundi uang kamu.

2. Berhemat dan tekan pengeluaran

Jika tidak bisa mencari tambahan penghasilan dari pekerjaan sampingan, setidaknya kamu bisa menghemat pengeluaran kamu. Mulailah dengan berhemat, dan sisihkan sebagai tabungan.

Hasil dari kamu berhemat ini sisihkan dan tabung, sehingga bisa sebagai uang tambahan. Kamu akan kaget berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan.

3. Jangan anggap remeh uang receh

Meski uang receh, namun tetap saja sebagai alat tukar dan jual beli secara sah. Kumpulkan recehan dari hasil kembalian belanja di satu tempat.

Jika sudah terkumpul banyak, kamu bisa menukarkannya dengan pecahan yang lebih besar. Terkadang uang receh juga jadi penyelamat di kala susah, bahkan jai tambahan penghasilan.

Baca Juga : Tips Menekan Biaya Pernikahan Agar Terjangkau Namun Berkesan

Itulah 3 tips meningkatkan penghasilan tanpa minta naik gaji ke atasan. Ingat, jika sukses gunakan uang tersebut dengan bijak.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like