Jebul Sering Mengeluh Bikin Rezeki dan Sahabat Menjauh

JogjaUpdate.com (26/01/2019), Seorang yang sering mengeluh, kadang tak sadar melakukannya. Cobar perhatikan dirimu sendiri, apakah sahabat menjauh atau merasa rezeki menjauh juga?

Mungkin kamu termasuk orang yang sering mengeluh. Atau bisa jadi ada orang disekitarmu yang sering mengeluh? Kapan pun di mana pun yang ada hanya keluhan.

Baca Juga : Ini 3 Perbedaan Teman Dengan Sahabat

Namun tahukah kamu, ternyata kebanyakan mengeluh bisa menjauhkan sahabat dan rezeki lho! Kenapa bisa seperti ini?

Mengeluh Hanya untuk Mereka yang Lemah

Disadari atau tidak, kebiasaan mengeluh membuat seseorang terlihat lemah. Membuatnya terlihat tak berdaya untuk menghadapi hidup ini.

Mengeluh boleh saja, namun jika setiap kesempatan bertemu digunakan untuk mengeluh, ya yang mendengarkan akan jengah juga. Apalagi yang dikeluhakan selalu sama.

Orang lain akan melihat ke si gemar mengeluh ini sebagai orang lemah. Orang yang tak mampu menghadapi hidup, tak heran sahabat menjauh darinya.

Baca Juga : Ini Tanda-tanda Kamu Telah Memilih Sahabat Yang Tepat

Mengeluh Bikin Rezeki dan Sahabat Menjauh

Ada pepatah bilang, omongan adalah doa. Jika yang diomongkan hanya keluhan terus, bisa jadi dia berharap masalah selalu datang.

Rezeki tak akan tiba-tiba datang, tetap perlu usaha untuk menggapainya. Jika cuma mengeluh terus tanpa usaha, tak heran rezeki menjauhinya.

Begitu juga dengan sahabat. Siapa sih yang betah lama-lama mendengar keluhan. Pasti lama-lama akan jengah dan menjauh, bahkan sahabat sekalipun.

Kebanyakan mengeluh juga akan melemahkan semangat positif. Yang ada malah pancaran negatif yang melemahkan. Tak ada yang mau dekat-dekat dengan orang yang seperti ini.

Baca Juga : Mau Tahu Kunci Sukses Berhenti Mengeluh?

Jika kamu tak ingin rezeki dan sahabat menjauh, kurangi mengeluh. Perbanyak usaha dan pupuk semangat positif. Semua masalah pasti ada solusinya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like