Sejarah Kipo, Jajanan Tradisional Khas Kotagede

JogjaUpdate.com (26/04/18), Sudah tahukah kamu apa itu kue Kipo? Kipo adalah jajanan tradisional khas Kotagede berbentuk pipih dengan warna hijau. Disebut khas Kotagede karena sejarah Kipo memang berasal dari wilayah ini.

Baca: Ini Jajanan Khas Kotagede Yang Harus Kamu Coba

Kipo terbuat dari adonan tepung ketan yang berbentuk pipih dan berisi enten-enten (parutan kelapa masak dengan gula jawa). Berukuran kecil dan berwarna hijau di luar, namun cokelat di dalam. Rasanya cenderung manis legit dan beraromakan daun pandan.

Sejarah Kipo berawal dari kue yang dijajakan oleh Bu Djito di Pasar Kotagede pada tahun 1946. Kala itu banyak yang penasaran dan bertanya dalam Bahasa Jawa “iki apa?” (ini apa?). Dari pertanyaan “iki apa?” akhirnya menjadi singkatan Kipo dan jadilah nama kue ini.

Walaupun telah lama diciptakan oleh Bu Djito, namun Kipo baru mulai dikenal banyak orang pada tahun 1987. Kepopuleran Kipo ini berkat Bu Djito mengikuti sebuah pameran makanan tradisional. Dan populer seperti sekarang ini, bahkan sampai hotel pun ikut menyajikan Kipo.

Baca: Kuliner Pasar Beringharjo, Boleh Lho Mampir Kalo Lagi Belanja

Sepeninggal Bu Djito pada tahun 1993, usaha Kipo ini diteruskan oleh anaknya dan bertahan hingga kini. Kipo Bu Djito ini hanya ada di kiosnya yang berada di Jalan Mondorakan Nomor 27, Kotagede, Yogyakarta. Kios sederhana ini buka pada pukul 05.00-17.00 WIB.

Di kios ini kamu juga bisa melihat langsung pembuatan Kipo. Adonan yang sudah diberi isian kemudian dibungkus daun pisang, lalu dipanggang di atas cobek. Karena tidak menggunakan bahan pengawet, Kipo Bu Djito ini hanya bisa bertahan semalam saja.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kipo
https://gudeg.net/direktori/1868/kipo.html
https://www.kabarkuliner.com/legitnya-kipo-khas-kotagede-jogja/
Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like