Sobokartti Semarang, Cagar Budaya Jawa tengah Yang Sempat Terlupa

Jogjaupdate.com (15/05/15), Hanya sebagian kecil warga Semarang yang mengetahui gedung kesenian ini, padahal Sobokartti memiliki banyak cerita tentang bagaimana sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kesetaraan hak dalam seni budaya.

Sobokartti memang tidak seterkenal Lawang Sewu atau Gereja Blenduk. Tapi, banyak hal menarik yang bisa diulas dari cagar budaya yang sudah berdiri 83 tahun lamanya ini.

Tujuan pendirian Sobokartti pada awalnya adalah bumi putera dan memperluas apresiasi kesenian di antara semua kelompok masyarakat, khususnya penduduk bumi putera. Kegiatan yang dilakukan antara lain pementasan, kursus, pameran, diskusi dan lain-lain.

Adapun nama Sobokartti berasal dari Bahasa Jawa Kuno yaitu Sabhā yang berarti tempat atau ruang pertemuan dan Kīrti yang berarti perbuatan baik. Didirikan atas prakarsa Mangkunagara VII dan Herman Thomas Karsten (seorang arsitek dari Belanda) pada 9 Desember 1920, bangunan ini memadukan konsep seni pertunjukan Jawa yang biasa dipentaskan di pendhapa keraton dengan konsep pementasan

Meskipun sempat terlupakan dan sepi pengunjung pada beberapa tahun lalu, namun saat ini Sobokartti bangun kembali, dengan aktifitas yang rutin dan berbagai kegiatan komunitas yang sering diadakan di tempat ini, Sobokartti sedang berusaha untuk mengajak masyarakat hadir ke dalam gedung penuh sejarah ini.

Gedung Sobokartti saat ini tidak pernah sepi dari kegiatan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya antara lain latihan karawitan, pentas rutin pedalangan, kursus pedhalangan, kursus pranatacara, kursus membatik serta latihan tari.

Upaya yang dilakukan untuk menjaga eksistensi Sobokartti tidak hanya dilakukan oleh pihak internal namun juga pihak eksternal seperti komunitas di kota Semarang, Tak ketinggalan, Jurusan Ilmu Komunikasi UNDIP juga turut berkontribusi, dengan menggelar acara yang bertajuk Sangkar Seni 2015 pada bulan Juni mendatang.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like