Kenapa Malam Jumat Identik Dengan Mistis? Kenapa Tidak Malam Minggu Saja?

JogjaUpdate.com (04/04/18), Hari Kamis malam, atau sering disebut Malam Jumat dianggap sebagai malam keramat yang erat dengan hal mistis. Sehingga tidak heran banyak yang beranggapan kenapa Malam Jumat adalah malam terseram dalam seminggu.

Baca: Ini Beberapa Pamali Dijelaskan Secara Logis Tanpa Bawa-Bawa Hal Mistis

Ditambah lagi banyak yang melakukan ritual mistis di malam yang dikeramatkan ini. Dan kini di sosial media pun, menjadi ajang berbagi cerita horor. Termasuk akun Twitter JogjaUpdate yang sering berbagi foto seram setiap malam Jumat.

Kenapa Malam Jumat yang dikeramatkan, bukan Malam Minggu atau Malam Senin gitu? Hal ini tidak terlepas dari mitos juga kepercayaan yang muncul di masyarakat. Terutama hari khusus Jumat Kliwon, yang memang dikeramatkan oleh masyarakat Jawa untuk melakukan ritual.

Masyarakat Jawa sendiri memang mengkeramatkan Malam Jumat Kliwon karena puncak dari puasa 40 hari. Sehingga tidak heran kenapa Malam Jumat Kliwon menjadi rujukan dalam hal-hal yang terkait dengan spiritual dan mental.

Baca: Ini Beberapa Hari Yang Dikeramatkan Masyarakat

Kenapa harus Kliwon, bukan Legi atau Pon? Hal ini terkait dengan konsep “Sedulur Papat Lima Pancer” (empat saudara, kelimanya pusat). Konsep ini menerangkan kalau manusia terlahir tidak hanya wadag (raga/fisik). Tetapi didampingi oleh empat unsur yang terdiri dari tanah, air, api dan udara.

Keempat unsur ini berada di masing-masing arah mata angin, sedangkan unsur kelimanya ada di pusat atau tengah tengahnya. Masing-masing pasaran atau hari dalam penanggalan jawa ini mewakili unsur-unsur tersebut. Yaitu sebagi berikut ini:

  • Legi bertemat di Timur, berunsur udara yang memancarkan sinar putih,
  • Pahing bertempat di Selatan, berunsur api memancarkan sinar merah,
  • Pon bertempat di Barat berunsur air memancarkan sinar kuning,
  • Wage bertempat di Utara berunsur tanah memancarkan sinar hitam.
  • Kliwon berada di tengah sebagai pusat sebagai letak sukma atau jiwa dengan pancaran beragam warna.

Kembali ke pertanyaan kenapa akhirnya Malam Jumat yang identik dengan horor dan mistis? Hal ini tidak lepas dari cerita-cerita seram yang berkembang di masyarakat. Cerita tersebut sering mengambil setting Malam Jumat atau Malam Jumat Kliwon.

Baca: Hasil Penelitian, Nonton Film Horor Berdampak Baik Untuk Kesehatan

Tidak lepas juga film-film dan serial televisi yang juga menggunakan setting tersebut agar menimbulkan kesan horor penontonnya. Pada akhirnya masyarakat pun terpengaruh dan beranggapan bahwa Malam Jumat pada umumnya dan Malam Jumat Kliwon pada khususnya sebagai malam horror.

Hal seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di negara Barat. Di mana mereka mengkeramatkan hari Jumat tanggal 13 atau sering disebut sebagai Friday 13th sebahai hari keluarnya para makhluk halus. Ini tidak terlepas dari peran film dan media yang menggunakan hari tersebut sebagai setting cerita horor.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like