Ini Beberapa Pamali Dijelaskan Secara Logis Tanpa Bawa-bawa Hal Mistis

JogjaUpdate.com (20/03/18), Di dalam masyarakat banyak berkembang larangan tertentu atau sering disebut pamali yang diajarkan turun-menurun. Banyak pamali yang dikaitkan dengan hal mistis sehingga membuat takut banyak orang. Apakah bisa, pamali dijelaskan secara logis?

Baca: Ini Beberapa Hari Yang Dikeramatkan Masyarakat

Pengaitan hal mistis pada pamali ini dilakukan memang untuk menakuti dan orang menjadi menurutinya. Padahal  bisa lho pamali dijelaskan secara logis tanpa harus dihubungkan dengan hal mistis. Berikut ini beberapa diantara pamali yang bisa dijelaskan secara logis:

1. Duduk di depan pintu

Jangan duduk di depan pintu, karena nanti kalau ada makhluk halus lewat bisa kena sawan atau penyakit. Padahal kalau dipikir lagi, duduk di depan pintu bisa menghalangi orang lewat. Cuma mau nyuruh orang minggir biar tidak menutupi jalan saja kenapa harus bawa-bawa makhluk halus?

2. Menggigit kuku

Jangan suka menggigit kuku, karena bisa mengundang nasib buruk dan akan menderita batin. Padahal bisa bisa dijelaskan secara logika, kalau di kuku sering menjadi sarang kotoran dan bakteri. Jika menggigit-gigit kuku, kotoran dan bakteri ini bisa masuk ke mulut dan menyebabkan jatuh sakit.

Baca: Tanda-Tanda Diikuti Makhluk Halus

3. Menggunting kuku di malam hari

Jangan menggunting kuku di malam hari, nanti akan membuat orang sakit atau bakal ada saudara yang meninggal. Sebenarnya, menggunting kuku memerlukan fokus dan pencahayaan yang baik. Pencahayaan di malam hari tidak seterang siang hari, dan bisa saja orangnya ngantuk di malam hari.

3. Memakai payung dalam rumah

Jangan pakai payung dalam rumah, nanti kamu kena cobaan berat dalam hidup. Padahal larangan payungan dalam rumah ini karena ujung payung yang berbahaya. Bisa saja ujung payung mencolok mata orang di rumah, jadi jangan payungan dalam rumah.

4. Bersiul di malam hari

Jangan bersiul saat malam hari, nanti bisa mengundang makhluk halus. Untuk larangan bersiul di malam hari ini, kami sudah pernah membahasnya di artikel ini. Pada intinya suara siulan yang melengking ini dianggap mengganggu orang lain yang sedang istirahat di malam hari.

Baca: Letak Tahi Lalat Di Wajah Bisa Mengungkap Kepribadian

5. Bangun kesiangan

Jangan bangun tidur saat matahari sudah naik tinggi, nanti rezekinya dipatok ayam. Padahal cuma mengajak orang untuk rajin, jangan bermalas-malasan seperti bangun kesiangan. Kalau bangun kesiangan kan bisa terlambat sekolah atau kerja.

6. Lama di kamar mandi

Jangan lama-lama di kamar mandi, karena nanti jadi terlihat lebih tua dari usia aslinya. Padahal cuma mau nyuruh cepat gantian, karena kamar mandinya mau dipakai orang lain yang sudah kebelet.

7. Berselimut tikar

Jangan tidur berselimut tikar, karena nanti bisa digulung ombak saat mandi di laut. Padahal sebenarnya tikar kan untuk alas tidur, bukan selimut. Lagian kalau dipake buat selimut, orang lain tidur pake apa dong?

8. Foto bertiga

Jangan foto bertiga, nanti sial atau yang tengah bakal mati duluan. Sebenarnya untuk pamali foto bertiga ini, kamu sudah membahasnya di artikel ini.

Baca: Tanaman Yang Baik Ditanam Depan Rumah Menurut Mitos

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like