Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kuntilanak

JogjaUpdate.com (08/11/17), Salah satu jenis makhluk halus yang terkenal di masyarakat adalah Kuntilanak. Makhluk halus yang satu ini dikenal oleh masyarakat di berbagai daerah, bahkan bukan hanya di Indonesia saja. Masyarakat Malaysia pun juga mengenal jenis makhluk halus yang serupa. Lalu, apa itu Kuntilanak?

Asal usul nama

Selain dikenal dengan nama Kuntilanak, masyarakat juga adanya yang menyebutnya dengan nama Puntianak atau Pontianak. Nama Puntianak ini dipercaya berasal dari singkatan “perempuan mati beranak”. Masyarakat Malaysia pun lebih mengenalnya dengan nama Pontianak bukan Kuntilanak.

Lalu apa hubungannya dengan nama Kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat? Menurut yang ditulis di Wikipedia, Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Penampakan

Masyarakat pada umumnya mengenal apa itu Kuntilanak sebagai sosok yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Kuntilanak juga menampakkan diri berwujud wanita berambut panjang dan berbaju panjang warna putih.

Menurut kisah yang berkembang, sosok Kuntilanak juga digambarkan sebagai wanita cantik dengan punggung berlubang. Kemunculannya juga diiringi oleh bau harum Bunga Kamboja. Sosok Kuntilanak ini dikenal gemar menampakkan diri diatas pepohonan, seperti Pohon Waru Doyong.

Hal lain yang khas dari Kuntilanak adalah tertawanya yang khas dengan melengking tinggi. Bukan tertawa yang membahagiakan, namun suara tertawanya sangat mengerikan. Tapi setelah tertawa dengan kencangnya, tiba-tiba makhluk halus ini langsung berubah sedih dan menangis.

Namun mengenai suaranya, ada yang mempercayai jika mendengar suara tawa Kuntilanak kencang, berarti ia berada jauh dari kita. Namun jika suaranya makin lirih seperti mau menghilang, bisa saja dia sedang ada di dekat kita atau malah persis dibelakang. Kuntilanak dipercaya juga bisa pindah tempat dalam sekejap.

Usil dan suka mengganggu

Kuntilanak ini juga dikenal sebagai makhluk halus yang usil dan suka mengganggu, terutama pria. Karena banyak kisah penampakan Kuntilanak pada pria, terutama pria hidung belang yang suka menggoda wanita muda. Bahkan menurut kisah, Kuntilanak bisa suka bahkan jatuh cinta pada manusia laki-laki.

Namun bukan hanya pria yang sering diganggu, makhluk halus ini juga dikenal menganggu wanita. Ada yang menyebut karena Kuntilanak iri dengan kecantikan sang wanita. Kuntilanak juga dipercayai sering menyerbu wanita hamil untuk memangsa janinnya. Ia juga dipercayai suka memangsa anak balita dan menghisap darah.

Penangkal

Ada beberapa barang yang dipercayai dapat menangkal kehadiran Kuntilanak, antara lain: paku, jarum, pisau, dan gunting. Tidak heran masyarakat Jawa suka membawa barang ini, atau menaruhnya dekat dengan tempat tidur bayi dan ibu hamil. Benda-benda tajam ini dipercaya dapat menakut-nakuti Kuntilanak.

Di masyarakat Melayu, paku digunakan untuk melawan kuntilanak dengan cara ditancapkan ke lubang di belakang lehernya. Sedangkan masyarakat Jawa mempercayai jika bisa menancapkan paku ke ubun-ubun Kuntilanak (ralat:sundel bolong), ia akan berubah menjadi wanita cantik dan bisa dinikahi.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak#Etimologi
Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like