Dari Hasil Penelitian, Jebul Patah Hati Membuat IQ Turun

JogjaUpdate.com (15/9/17), Sudah seberapa seringkah kamu patah hati? Sudah seberapa seringkah kamu mengutarakan cinta namun ditolak? Patah hati akan mempengaruhi kehidupan kamu secara psikis maupun mental untuk beberapa waktu. Selain itu, patah hati membuat IQ turun.

Kok bisa patah hati membuat IQ turun? Ternyata ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Menurut yang dimuat Grid.ID, Roy Baumeister dari Case Western Reserve University, Ohio melakukan pelatihan anak sekolah yang sedang patah hati. Penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa yang dipasang-pasangkan.

Lalu penelitian ini melihat saat siswa yang mengalami penolakan pernyataan cintanya. Hasilnya, para siswa yang mengalami penolakan bertindak lebih agresif. Kemudian penelitian ini berlanjut pada test IQ untuk siswa yang mengalami penolakan. Dijelaskan, patah hati ini bisa membuat orang cenderung impulsif dan merusak diri sendiri.

Siswa yang mengalami penolakan terbukti IQ-nya menurut sekitar 25 persen. Sedangkan siswa yang tidak mengalami penolakan, IQ-nya justru meningkat. Jadi memang patah hati bisa membuat seseorang jadi memburuk yang akhirnya dapat mempengaruhi kehidupan bahkan IQ.

Tapi tenang, ini tidak selama buruk kok. Dibalik patah hati pasti kamu bisa menemukan kebagahian lain. Kamu yang patah hati akan belajar lebih banyak apa yang tidak dialami orang yang tidak pernah merasakannya. Jadi tidak ada salahnya pernah merasakan bagaimana sakitnya patah hati.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like